Studi arsitektur dan sejarah Langgar Dukur Kayu Kampung Lawang Seketeng Kota Surabaya tahun 1893 - 2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shiyam, Taqiyuddin Jamilus (2022) Studi arsitektur dan sejarah Langgar Dukur Kayu Kampung Lawang Seketeng Kota Surabaya tahun 1893 - 2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Taqiyuddin Jamilus Shiyam_A92218128.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berfokus pada tiga pembahasan yakni ; (1) sejarah berdirinya Langgar Dukur Kayu (2) Interpretasi budaya antara budaya lokal dengan budaya kolonial (3) peran serta fungsi Langgar Dukur Kayu di masyarakat. Objek dari penelitian ini yakni bangunan Langgar Dukur Kayu. Pendekatan pada skripsi ini menggunakan pendekatan antropologi yang berarti pendekatan yang mengungkapkan nilai-nilai sosial, status, gaya hidup dan sistem kepercayaan yang mendasarinya, pendekatan sejarah guna mengungkap sejarah berdirinya Langgar Dukur Kayu. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian yakni teori interpretasi budaya dimana teori ini menyatakan bahwa budaya adalah suatu hal semiotik yang berkaitan dengan simbol dan makna. Menggunakan metode penelitian sejarah heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi sebagai bentuk pengumpulan data pada penelitian ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa, (1) Langgar Dukur Kayu merupakan langgar yang terletak di kawasan Peneleh yang merupakan salah satu kampung kuno yang ada di Surabaya. Langgar Dukur Kayu berdiri pada tahun 1893 di daerah kampung Lawang Seketeng diperkuat dengan tulisan pegon di mimbar yang ada di dalam langgar yang berbunyi “awitipun jumeneng punika langgar tahun 1893 sesasi satunggal”. (2) Pada bangunan Langgar Dukur Kayu terdapat ciri khas bangunan dengan arsitektur lokal serta terdapat juga beberapa desain arsitektur yang mengadopsi dari arsitektur kolonial seperti bentuk pintu dan jendela pada langgar. (3) pada awal berdiri selain digunakan sebagai tempat ibadah, Langgar Dukur Kayu pernah digunakan sebagai tempat berkumpul dan bergerilya bagi masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shiyam, Taqiyuddin Jamilustaqiy89@gmail.comA92218128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Arsitektur
Islam > Peradaban
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Arsitektur; Langgar; lokal
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Taqiyuddin Jamilus Shiyam
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:21
Last Modified: 05 Jul 2022 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53749

Actions (login required)

View Item View Item