استخدام وسيلة ”Alifbee” في تعليم اللغة العربية على أساس الأندراغوجيا لتنمية مهارة الكلام في الصف الثاني عشر بالمدرسة الثانويّة الإسلامية الحكومية الثامنة جومبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Khoirul (2022) استخدام وسيلة ”Alifbee” في تعليم اللغة العربية على أساس الأندراغوجيا لتنمية مهارة الكلام في الصف الثاني عشر بالمدرسة الثانويّة الإسلامية الحكومية الثامنة جومبانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Nisa'_D92217058.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan Teknologi yang pesat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, materi pembelajaran, serta cara penyampaian materi dalam kegiatan belajar mengajar. Selain berpengaruh terhadap proses pembelajaran, pada era revolusi 5.0 setiap orang dituntut secara cepat dan tanggap dalam beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi. Diantara perkembangan teknologi, salah satunya yaitu adanya media aplikasi pembelajaran online sebagai penunjang belajar siswa. Peran media sangat penting dalam pembelajaran. Melalui media guru dapat lebih mudah dalam menjelaskan pembelajaran meskipun dengan ruang dan waktu yang terbatas. Penelitian ini membahas tentang Penggunaan media Alifbee dalam pembelajaran Bahasa arab di kelas XII MAN 8 Jombang.Tujuan dari penelitian ini adalah 1)untuk mengetahui Penggunaan Media Alifbee dalam pembelajaran Bahasa arab berdasarkan pendekatan andragogi di kelas XII MAN 8 Jombang. 2) untuk mengetahui Pencapaian hasil Maharah Kalam(kemahiran berbicara) dalam pembelajaran Bahasa arab berdasarkan pendekatan andragogi di kelas XII MAN 8 Jombang. 3)untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan media Alifbee dalam pembelajaran Bahasa arab berdasarkan pendekatan andragogi di kelas XII MAN 8 Jombang. 4)untuk mengetahui Problem/masalah Penggunaan Media Alifbee dalam pembelajaran Bahasa arab berdasarkan pendekatan andragogi di kelas XII MAN 8 Jombang. Metode Penelitian yang digunakan peneliti adalah mix methode (metode campuran) kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif , untuk mengetahui variabel Penggunaan media Alifbee terhadap variabel kemahiran berbicara Bahasa Arab. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui studi lapangan (field research) dengan Teknik Pengumpulan data melalui Observasi, dokumentasi, wawancara, Test, dan T-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 8 Jombang yang berjumlah 163 orang. Adapun hasil penelitian dapat dirangkum sebagai berikut : Penggunaan media Alifbee sesuai digunakan dalam pembelajaran Bahasa arab di kelas XII MAN 8 Jombang. Karena media tersebut memiliki fitur-fitur yang dapat membantu berjalannya proses pembelajaran dan memudahkan siswa dalam mempelajari keempat keterampilan Bahasa arab yakni membaca, menulis, menyimak, dan berbicara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Khoirulnisakhoirun763@gmail.comD92217058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhammad, Thohirmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorMuflihah, Muflihahserol_seril@yahoo.com2012067602
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Penggunaan Media Alifbee; Pembelajaran Bahasa Arab; Berbasis Andragogi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khoirun Nisa
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:43
Last Modified: 06 Jul 2022 08:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53799

Actions (login required)

View Item View Item