Analisis kemampuan pemecahan masalah terbuka (Open-Ended Problem) peserta didik mengacu pada Taksonomi SOLO dibedakan dari Gaya Kognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendi, Rania Devi Permata (2022) Analisis kemampuan pemecahan masalah terbuka (Open-Ended Problem) peserta didik mengacu pada Taksonomi SOLO dibedakan dari Gaya Kognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rania Devi Permata Efendi_D04218011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah melalui empat tahapan yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Peserta didik memiliki cara yang berbeda dalam pemecahan masalah, hal ini dipengaruhi oleh salah satunya gaya kognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah terbuka (open-ended problem) peserta didik dengan gaya kognitif field dependent dan field independent mengacu pada taksonomi SOLO. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilaksanakan di UPT SMPN 12 Gresik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-C yang terdiri atas dua peserta didik dengan tipe gaya kognitif field dependent dan dua peserta didik dengan tipe gaya kognitif field independent. Penentuan keempat subjek penelitian tersebut dipilih berdasarkan hasil tes gaya kognitif GEFT (Group Embedded Figure Test). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara berbasis tugas. Instrumen yang digunakan terdiri atas tugas pemecahan masalah (TPM) dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman antara lain analisis data tugas pemecahan masalah (TPM) dan analisis data wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan gaya kognitif field dependent dalam pemecahan masalah terbuka tidak dapat melewati tahapan pemecahan masalah Polya pada tahap memeriksa kembali, sehingga level SOLO peserta didik dengan gaya kognitif field dependent berada pada level multistructural. Sedangkan peserta didik dengan gaya kognitif field independent dalam pemecahan masalah terbuka dapat melewati semua tahapan pemecahan masalah Polya, sehingga level SOLO peserta didik dengan gaya kognitif field independent berada pada level relational hingga extended abstract.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendi, Rania Devi Permataraniadevi3@gmail.comD04218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, Asep Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Matematika Realistik
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pemecahan Masalah; Masalah Terbuka (open-ended Problem); Taksonomi SOLO; Gaya Kognitif; Field Dependent; Field Independent
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rania Devi Permata Efendi
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:16
Last Modified: 18 Jul 2022 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54042

Actions (login required)

View Item View Item