Analisis dampak lingkungan menggunakan metode life cycle assessment (lca) pada instalasi pengolahan air (ipa) Gedek PT. air bersih jatim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Annisaa, Naba Khoiru (2022) Analisis dampak lingkungan menggunakan metode life cycle assessment (lca) pada instalasi pengolahan air (ipa) Gedek PT. air bersih jatim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naba Khoiru Annisaa_H75218032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiap kegiatan yang dilakukan manusia dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan sekitarnya, begitu juga dengan kegiatan pengolahan air bersih. Proses produksi pengolahan air bersih setiap tahunnya akan bertambah guna untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat proses pengolahan air bersih di IPA Gedek PT. Air Bersih Jatim dengan menggunakan metode Life Cycle Assessment (LCA) serta dalam ruang lingkup penelitian yakni gate to gate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yakni menganalisis dampak lingkungan dengan menggunakan data yang telah diolah sebuah software. Software yang digunakan untuk menganalisis data tersebut yaitu software Simapro 9.3 yang dilengkapi dengan CML-IA Baseline sebagai metode pendekatan dampak. Kategori dampak yang dianalisis yaitu global warming, human toxicity, freshwater aquatic ecotoxicity, photochemical oxidation, acidification, dan eutrophication. Data yang diinput dan diolah software Simapro yaitu kebutuhan bahan baku, bahan kimia, dan energi listrik. Data yang dianalisis menggunakan metode pendekatan dampak CML-IA Baseline melewati dua tahap yaitu characterization dan normalization. Hasil dari penelitian ini yaitu global warming yang merupakan dampak tertinggi dan photochemical oxidation merupakan dampak terendah dari proses pengolahan air ini. Terjadinya dampak lingkungan tersebut dikarenakan adanya penggunaan bahan kimia dan penggunaan energi listrik selama proses pengolahan air bersih berlangsung. Untuk produk samping berupa lumpur memelukan proses pengolahan lumpur, agar apabila pembuangan lumpur ke lingkungan tidak merusak lingkungan maupun makhluk hidup disekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Annisaa, Naba Khoirunabakhrannisa21@gmail.comH75218032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsby.ac.id2022108201
Thesis advisorNengseh, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.id0709109001
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Dampak lingkungan; pengolahan air bersih; penilaian daur hidup
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Naba Khoiru Annisaa
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:57
Last Modified: 19 Jul 2022 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54073

Actions (login required)

View Item View Item