Kerajaan Mataram Islam di bawah kepemimpinan Sultan di Karta Yogyakarta tahun 1613-1645 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikam, Sholahudin Abinawa (2022) Kerajaan Mataram Islam di bawah kepemimpinan Sultan di Karta Yogyakarta tahun 1613-1645 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sholahudin Abinawa Hikam_A02217038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kerajaan Mataram Islam di Bawah Kepemimpinan Sultan Agung di Karta Yogyakarta pada tahun 1613 - 1645 M. Batasan dari penelitian ini adalah masa kepemimpinan Sultan Agung yang memerintah Kerajaan Mataram Islam selama 32 tahun. Penelitian ini berfokus pada tiga permasalahan yakni: Sejarah berdirinya Kerajaan Mataram Islam; Ekspansi Sultan Agung di beberapa wilayah di pulau Jawa, dan; Akhir dari kepemerintahan Sultan Agung. Metode historis yang meliputi, heuristik, verifikasi, interpretasi, dan histriografi digunakan sebagai metode utama dalam penelitian ini. Metode ini digunakan untuk menjelaskan sejarah kepemimpinan Sultan Agung di Kerajaan Mataram Islam yang meliputi pengangkatan Sultan Agung sebagai raja serta perpindahan ibukota kerajaan. Kemudian untuk mendukung analisis yang lebih mendalam, metode ilmu bantu sosiologi serta teori kekuasaan dan kepemimpinan digunakan sebagai metode pendekatan pendukung. Hasil dari penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa: 1). Kerajaan Mataram Islam yang didirikan oleh Ki Ageng Pemanahan sukses menjadi kerajaan Islam yang besar pada masa Sultan Agung 2). Pada masa kepeminpinan Sultan Agung sukses dengan menerapkan beberapa kebijakan baik untuk kerajaan dan masyarakat 3). Ekspansi yang dilakukan Sultan Agung di beberapa pulau Jawa berhasil menguasai Jawa Timur, akan tetapi gagal menguasai daerah Batavia saat perang dengan VOC tahun 1628 dan 1629.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikam, Sholahudin Abinawaabinawahikam75@gmail.comA02217038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Lailatul-2013116301
Subjects: Sejarah
Kepemimpinan
Keywords: Sultan Agung; kepemimpinan; Mataram
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Sholahudin Abinawa Hikam
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:17
Last Modified: 20 Jul 2022 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54112

Actions (login required)

View Item View Item