Perancangan apartemen bagi millenial berkonsep co-living di Kota Surabaya dengan Pendekatan Value Engineering

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarif, M. Istihar (2022) Perancangan apartemen bagi millenial berkonsep co-living di Kota Surabaya dengan Pendekatan Value Engineering. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Istihar Syarif_H93218065.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kota Surabaya merupakan kota dengan jumlah penduduk terbesar ke-2 di Indonesia, tetapi jumlah ini tidak disertai dengan meningkatnya luas lahan untuk hunian yang berakibat harga lahan dan hunian melambung tinggi. Diketahui bahwa 30% dari jumlah penduduk Kota Surabaya berumur 20-40 tahun, yang disebut sebagai generasi millenial. Pengeluaran hidup tinggi yang tidak sebanding dengan penghasilan, menyebabkan membeli sebuah hunian atau rumah tinggal pertama baik hunian tapak maupun vertikal bagi generasi millenial masih dianggap sulit. Terlebih eskalasi (kenaikan) harga hunian lebih cepat dibandingkan dengan kenaikan pendapatan. Hal ini menjadikan hunian vertikal (apartemen) sebagai alternatif solusi hunian yang menjawab persoalan keterbatasan lahan. Perancangan Apartemen millenial ini berada di Kota Surabaya tepatnya di kelurahan Ngagel dengan menggunakan konsep Co-living yang menjadi salah satu implementasi dari karakter millenial, tetapi juga bertujuan untuk mereduksi besaran ruang, dan menggunakan pendekatan Value engineering yang bertujuan untuk mengefisiensi dan mengoptimalisasi bentuk, ukuran, dan material. Sehingga pada perancangan ini akan menghasilkan bangunan yang mencerminkan karakter millenial dan diharapkan dapat menekan harga sewa maupun beli apartemen dari segi konsumen (millenial), juga dapat diterima atau dianggap layak untuk direalisasikan dari segi produsen (investor) sesuai dengan syarat payback period yang sudah ditentukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarif, M. Istiharistihares@gmail.comH93218065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id2002047903
Subjects: Arsitektur
Keywords: Kota Surabaya; hunian; lahan; pendapatan; apartemen millenial; co-living; value engineering; harga; payback period
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: M. Istihar Syarif
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:50
Last Modified: 19 Sep 2022 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54151

Actions (login required)

View Item View Item