Keanekaragaman jenis Ordo Lepidoptera (Superfamili Papilionoidea) di Wilayah Kelurahan Tunjung Bangkalan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulaikha, Siti (2022) Keanekaragaman jenis Ordo Lepidoptera (Superfamili Papilionoidea) di Wilayah Kelurahan Tunjung Bangkalan Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Zulaikha_H71218031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kelurahan Tunjung merupakan wilayah pedesaan terletak jauh dari pusat perkotaan, sehingga memiliki lingkungan yang asri dan tingkat percemaran lingkungan yang rendah. Wilayah yang asri dan pencemaran lingkungan yang rendah sangat berpotensi sebagai habitat bagi organisme serangga terutama kelompok kupu-kupu. Keberadaan dan keanekaragaman kupu-kupu dipengaruhi oleh dua faktor yaitu biotik dan abiotik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman Jenis Ordo Lepidoptera (Superfamili Papilionoidea) dan kondisi lingkungan di wilayah Kelurahan Tunjung Bangkalan Madura. Metode pengamatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kombinasi antara metode Transect Line dan VES (Visual Encounter Survey) dengan mencatat dan menjumlah jenis serta individu kupu-kupu yang dijumapai di setiap lokasi pengamatan. Kupu-kupu yang berhasil dicatat dalam penelitian sebanyak 57 jenis dari 5 famili berbeda dengan 707 individu. Hasil perhitungan indeks keanekaragaman kupu-kupu di wilayah Kelurahan Tunjung Bangkalan, Madura sebesar H’= 3.032, kemerataan E= 0.89 dan Dominansi D= 0.19. Berdasarkan hasil dari nilai indeks dapat diketahui bahwa keanekaragaman jenis tinggi yang ditandai dengan persebaran jenis merata dan tidak adanya dominansi pada salah satu jenis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulaikha, Sitizulaikasiti456@gmail.comH71218031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahri, Saifulsaifulsi@uinsby.ac.id2020048801
Thesis advisorHidayati, Irulirul_hidayati@uinsby.ac.id198102282014032001
Subjects: Biologi
Serangga
Ekologi
Keywords: Jenis Ordo Lepidoptera; Superfamili Papilionoidea; transek line; Visual Encounter Survey
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Siti Zulaikha
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:34
Last Modified: 20 Jul 2022 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54174

Actions (login required)

View Item View Item