Analisis Yuridis dan Fiqh Siyasah terhadap pengisian jabatan Lurah oleh pelaksana tugas di Kelurahan Tandes Kecamatan Tandes Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prayitno, Satrio (2022) Analisis Yuridis dan Fiqh Siyasah terhadap pengisian jabatan Lurah oleh pelaksana tugas di Kelurahan Tandes Kecamatan Tandes Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Satrio Prayitno_C94218106.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian hukum empiris atau yuridis empiris. tentang kekosongan jabatan Lurah di Kelurahan Tandes Kecamatan Tandes Kota Surabaya, yang kemudian dianalisis menggunakan teknis deskriptif induktif yang selanjutnya akan disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang konkrit, yang selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan kajian hukum Islam.Hasil dari penelitian ini disimpulkan jabatan pelaksana tugas kelurahan Tandes yang dijabat oleh Djatmika Oetman sudah berjalan selama 1 tahun, atau melebihi batas maksimum jabatan pelaksana tugas sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Nomor 1/SE/1/2021 tentang Kewenangan Pelaksana Harian dan Pelaksana Tugas dalam Aspek Kepegawaian yang memberikan batasan masimal 6 bulan sehingga setelahnya pejabat yang berwenang harus mengangkat pejabatan definitif, untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut. Menurut ketentuan syariat Islam, bahwa seorang pemimpin adalah wakil dan abdi rakyat yang bertugas menjalankan hukum Allah dan memimpin umat dalam batas ajaran Islam. Pemimpin dalam Islam (khalfah/amir) memiliki tugas yang bersifat tetap, selama umat Islam masih ada. Karena jabatanya sebagai wakil umat tiada batas dengan waktu. Sedangkan pada kondisi khali>fah berhalangan tetap keduduknya tidak boleh digantikan oleh washiy (orang yang diberi wasiat pemerintahan) atau wakil, sebab akad khilafah telah terwujud pada dirinya, dan tidak boleh seorangpun menggantikan kedudukanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prayitno, Satriosatriop892@gmail.comC94218106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYasin, Ikhsan Fatahikhsan.fatahyasin@gmail.com2017058901
Subjects: Pengambilan Keputusan
Keywords: Pengisian Jabatan Lurah Oleh Pelaksana Tugas
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Satrio Prayitno
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:24
Last Modified: 21 Jul 2022 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54182

Actions (login required)

View Item View Item