Nilai - Nilai Islami dalam Film "Kingdom of Heaven"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Rizki (2022) Nilai - Nilai Islami dalam Film "Kingdom of Heaven". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizki Istiqomah_B91218137.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang nilai – nilai yang terkandung dalam film “Kingdom of Heaven”, dengan fokus masalah, bagaimana nilai – nilai Islam dalam film Kingdom of Heaven jika dianalisis dengan analisis semiotik model Roland Barthes. Untuk menjawab fokus permasalahan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis semiotik Roland Barthes. Peneliti menggunakan dokumentasi dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis Semiotika teori Roland Barthes, dengan cara menekankan pada temuan dua tahap dalam pertandaan, yaitu Denotasi dan Konotasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film ini mengandung nilai – nilai agama Islam yakni, nilai aqidah, nilai syariah, dan nilai akhlak. Nilai aqidah yang terdapat pada film ini adalah ikhtiar dan tawakal, kepercayaan mengenai takdir Allah, dan selalu mengingat Allah yang digambarkan dalam adegan pasukan muslim menghadapi perang melawan tentara Salib demi merebut kembali Yerussalem, kemudian adegan Saladin yang percaya kepada takdir Allah yang akan memenangkan perang orang muslim serta adegan shalat pada saat berperang dan shalat harus membayar pajak. Shalat dalam kondisi yang berat membutuhkan keimanan yang kuat sehingga shalat bisa dilaksanakan dalam kondisi apapun. Nilai syariah yang terdapat pada film ini adalah shalat dan berdoa kepada Allah, yang merupakan ajaran agama Islam sehari-hari. Dan nilai akhlak yang terdapat pada film ini adalah tentang toleransi beragama yang digambarkan Salahuddin membenarkan letak lambang salib yang jatuh akibat perang, adab mengucapkan salam, saling menghargai, tolong-menolong antar umat beragama, serta cinta damai yang digambarkan dalam adegan Saladin dan Raja Baldwin 4 membuat kesepakatan perdamaian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Rizkirizkiistiqomah1998@gmail.comB91218137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlaihi, Wahyuwahyu.ilaihi@uinsby.ac.id2002047802
Subjects: Agama
Film
Keywords: Nilai Islam; Kingdom of Heaven; Film; Semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rizki Istiqomah
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:24
Last Modified: 21 Jul 2022 06:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54252

Actions (login required)

View Item View Item