الإعلال وفائدته في كتاب فتح المعين شرح الأحاديث الأربعين - I’lal dan Faidahnya dalam Kitab Fathul Muin Syarhu Al-ahadits Al-arbain: kajian morfologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasbullah, Saferli (2022) الإعلال وفائدته في كتاب فتح المعين شرح الأحاديث الأربعين - I’lal dan Faidahnya dalam Kitab Fathul Muin Syarhu Al-ahadits Al-arbain: kajian morfologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saferli Hasabullah_A91218122.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untui mengangkat tema kalimat yang mengandung unsur I’lal dan fedah-faedah perubahan kata dalam kitab Al-ahadits Al-arbain. Serta menyajikan macam-macam qaidah dan faidah I’lal yang terdapat dalam kitabFathul Muin Syarhu Al-ahadits Al-arbain.Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini merupakan salah satu disiplin ilmu Shorof khususnya pada pembahasan terkait perubahan bentuk kata atau dalam sastra Arab disebut sebagai I;lal. Dengan menggunakan metode kualitatif analisis, yaitu suatu metode yang menuturkan, menganalisis dan mengklasifikasikan terkait I’lal dalam kitab Al-ahadits Al-arbain. Adapun kaidah I;lal merupakan suatu komponen dalam mempermudah pembelajaran bahasa Arab dalam hal ini adalah shorof khususnya dalam perubahan bentuk kata. Sedangkan objek penelitian ini merupakan kumpulan empat puluh hadits yang di pilih oleh Allamah Abdullah bin Said bin Muhammad bin ibadi Al-lahji dalam kitab syarah yang dikarang oleh Syekh Ayyub bin Abkar Asad bin Ali Al-ahdali Al-makki Al-yamani yamg kemudian disyarahkan dalam kitab Fathul Muin Syarhu Al-ahadits Al-arbain oleh Syekh Aiyyub bin Abkar Said bin Ali Al-ahdali Al-makki Al-yamani. Selanjutnya, mengenai hasil penelitian ini, dari kumpulan empat puluh hadits terdapat lima puluh kosa kata yang mengandung unsur I’lal, dengan perincian bil ghunnah dua puluh lima kata, bil hadfu satu kata, bil hamzati enam kata dan bil kolbi dua puluh kata. Maka dengan perincian ini sesuai dengan jumlah total keseluruhan kata yang terkandung unsur I’lal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasbullah, Saferliferlibengli@gmai.comA91218122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUbet, Abdullohubaid.auza@gmal.com2007056602
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Fathul muin syarhu al-ahadits Al-arbain; i’lal; faedah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Saferli Hasbullah
Date Deposited: 22 Jul 2022 08:21
Last Modified: 30 Oct 2023 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54345

Actions (login required)

View Item View Item