الكلام الخبري وأغراضه في قصة قصيرة "مؤتمر الحب" في مجموعات أرني الله لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husnaeni, Amalia Nurul (2022) الكلام الخبري وأغراضه في قصة قصيرة "مؤتمر الحب" في مجموعات أرني الله لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Nurul Husnaeni_A91218084 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kalam khabari biasa dikenal sebagai kalimat berita dalam Bahasa Indonesia. Kemungkinan berita yang disampaikanpun memiliki dua kemungkinan. Jika berita tersebut mengungkapkan fakta maka beritanya dihukumi benar. Namun jika berlawanan dengan fakta, maka akan dihukumi dusta. Objek yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah buku Arinillah merupakan antologi karya Taufiq Al Hakim. Didalamnya terdapat 18 cerpen dengan judul yang berbeda. Namun cerpen yang peneliti pilih untuk diteliti adalah Mu’tamar Al-Hub. Dalam buku ini, maka peneliti merumuskan masalah tentang apa saja macam dan tujuan kalam khabari dalam cerpen Mu’tamar Al-Hub. Guna mengetahui macam dan tujuan kalam khabari dalam cerpen Mu’tamar Al-Hub pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif analisis balaghah dari segi ma’ani dengan menghasilkan data-data deskripsi berupa kalimat-kalimat yang mengandung dan tujuannya. Pengumpulan yang digunakan peneliti adalah mencari dan memilah data-data yang ada dalam buku Aranillah karya Taufiq Al Hakim, dengan perincian sebagai berikut : 1. Kalam Khabari Ibtidai sebanyak 31 kalimat, Kalam Khabari Thalabi sebanyak 20 kalimat dan Kalam Khabari Inkari sebanyak 9 kalimat. 2. Terdapat 18 data faidah al-khabar, 13 data lazim al-faidah, 16 data al-madh, 3 data at-taubikh, 3 data idzhar adh-dha’fi, 2 data at-takhdir, 1 data istirham, 3 data al-fakhr dan 1 data idzhar at-takhassur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husnaeni, Amalia Nurulanurulh273@gmail.comA91218084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRomdlon, Atiq MuhammadUNSPECIFIED2021126701
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kalam Khabari; antologi Cerpen Aranillah; Taufiq Al Hakim
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Amalia Nurul Husnaeni
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:41
Last Modified: 22 Jul 2022 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54369

Actions (login required)

View Item View Item