تغييرات الأوزان العروضية في شعر "أَلَا ٱنْعَم صَبَاحًا" لأمرؤ القيس

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Athira Zahra (2022) تغييرات الأوزان العروضية في شعر "أَلَا ٱنْعَم صَبَاحًا" لأمرؤ القيس. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Athira Zahrah Salsabila_A71218037 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui wazan arudl dalam syi’ir “’Ala an’am shobaahan” karya Umru’ Al-Qais serta macam-macam perubahan yang terdapat pada syi’ir “’Ala an’am shobaahan” karya Umru’ Al-Qais. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian yaitu analisis sastra, dengan cara menguraikan bentuk-bentuk susunan irama (wazan) dalam syi’ir “ ’Ala an’am shobaahan” karya Umru’ Al-Qais dan perubahan – perubahan yang berupa zihaf (kecepatan lagu) dan ‘illat (kecacatan irama). Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1)Pada syi’ir “ ’Ala an’am shobaahan” karya Umru’ Al-Qais terdapat wazan arudl, yaitu bahar thawil yang memiliki wazan “فعولن مفاعيلن فعولن مفاعيلن # فعولن مفاعيلن فعولن مفاعيلن”. 2)Pada syi’ir “ ’Ala n’am shobaahan” karya Umru’ Al-Qais terdapat beberapa macam perubahan wazan arudl yaitu: a)Zihaf mufrad al-maqbud yaitu membuang huruf ke lima yang bersukun, perubahan ini terjadi pada bait 2-20, 21-24, 26-31, 33-37 b)Zihaf yang berkedudukan ‘illat Al-Maqbud yaitu membuang huruf ke lima yang bersukun dan perubahan ini terjadi pada taf’ilah dalam arudl dan dlarab, perubahan ini terjadi pada bait awal sampai akhir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Athira Zahraathirazahra9@gmail.comA71218037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShofiyuddin, Harisharisshofiyuddin@gmail.com2018048201
Subjects: Puisi
Keywords: Perubahan wazan arudl; syiir Alanam shobaahan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: athira zahrah salsabila
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:05
Last Modified: 10 Oct 2022 06:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54377

Actions (login required)

View Item View Item