Profil kemampuan estimasi berhitung siswa ditinjau dari tipe kepribadian keirsey

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Syarifatul (2016) Profil kemampuan estimasi berhitung siswa ditinjau dari tipe kepribadian keirsey. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (26MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan estimasi berhitung merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki seorang siswa, karena lebih 80% dari keseluruhan aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari menggunakan estimasi bukan perhitungan yang eksak. kemampuan estimasi berhitung juga sangat dibutuhkan dalam mengontrol kebenaran suatu jawaban serta dapat mengembangkan sikap positif terhadap matematika. Kemampuan estimasi berhitung tersebut memiliki kaitan erat dengan kognitif, dimana kognitif tersebut juga memiliki kaitan dengan perbedaan tipe kepribadian. Secara tidak langsung perbedaan tipe kepribadian juga memberi pengaruh terhadap kemampuan estimasi berhitungnya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan estimasi berhitung siswa dengan tipe kepribadian guardian, artisan, rational dan idealist agar nantinya dapat menjadi pertimbangan untuk bagaimana dapat mengembangkan kemampuan estimasi berhitung para siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ada delapan siswa dengan tipe kepribadian guardian, artisan, rational dan idealist dari kelas VII B SMP Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) Surabaya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes tertulis dan wawancara. Hasil dari tes tertulis dan wawancara tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis berdasarkan indikator kemampuan estimasi berhitung yang terdiri dari empat komponen, yaitu reformulation, translation, compensation dan reasonableness. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan estimasi berhitung siswa tipe guardian dikategorikan baik. Untuk siswa dengan tipe artisan, kemampuan estimasi berhitungnya dikategorikan cukup. Sedangkan kemampuan estimasi berhitung siswa dengan tipe rational dikategorikan baik. Terakhir, untuk siswa dengan tipe idealist kategori kemampuan estimasi berhitungnya tergolong cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, Syarifatulaliyah.pmt11@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com26.896.002.8-602.000
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Estimasi Berhitung; Guardian; Artisan; Rational; Idealist
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: aliyah syarifah
Date Deposited: 12 Apr 2016 02:56
Last Modified: 08 Nov 2019 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5441

Actions (login required)

View Item View Item