أنواع الخبر في كتاب "وصايا الآباء للأبناء" لمحمد شاكر

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Rizky (2022) أنواع الخبر في كتاب "وصايا الآباء للأبناء" لمحمد شاكر. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Amalia_A71218074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam skripsi ini mengkaji tentang bagaimana klasifikasi bentuk khabar dalam kitab Washaya al-Aba’ li al-Abna’ karya Muhammad Syakir. Kitab ini merupakan salah satu kitab akhlaq karangan Muhammad Syakir yang memiliki kandungan isi ringkas dan berbobot. Hampir semua pondok pesantren di Indonesia mengkaji kitab Washaya al-Aba' li al-Abna’ sebagai rujukan para santri dalam mempelajari dasar ilmu akhlaq. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis nahwu yaitu khabar. Khabar yaitu isim yang dibaca rafa’ yang disandarkan kepada mubtada’. Mubtada dan khabar adalah pasangan dalam kalimat Bahasa Arab yang dalam Bahasa Indonesia bisa dianalogikan sebagai subjek dan Predikat. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa macam-macam khabar dalam kitab Washaya al-Aba’ li al-Abna’ karya Muhammad Syakir ada 2 macam khabar yaitu khabar mufrad adalah khabar yang hanya berupa satu kalimah، bukan susunan jumlah atau syibhu al-jumlah. Kedua khabar ghairu mufrad adalah khabar ghairu mufrad، artinya khobar selain mufrad atau kebalikan dari mufrad yaitu khabar jumlah atau khabar syibhu al-jumlah. Terdapat 19 khabar mufrad berupa 5 ja>mid (bermakna sifat) dan 14 musytaq (tidak bermakna sifat). Dan 54 khabar ghairu mufrad berupa 1 jumlah ismiyah، 12 jumlah fi’liyah، dan 41 syibhu al-jumlah jar majrur. Sehingga keseluruhan khabar dalam kitab Washaya al-Aba’ li al-Abna’ karya Muhammad Syakir ada 73 khabar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Rizkyrizkyamalia020202@gmail.comA71218074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAditoni, Agusagaditoni@yahoo.com2002106201
Subjects: Sastra
Keywords: Muhammad Syakir; khabar،Washaya al-Aba’ li al-Abna’
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rizky Amalia
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:03
Last Modified: 19 Sep 2022 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54422

Actions (login required)

View Item View Item