تحليل الأخطاء الإملائية لدى طلبة معهد جبل نور سفانجانع سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahrirah, Sania Jihan (2022) تحليل الأخطاء الإملائية لدى طلبة معهد جبل نور سفانجانع سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sania Jihan Fahrirah_A71218075 ok.pdf

Download (541kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk -bentuk kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam tulisan khulasoh alfiyah ibnu malik dan mengetahui faktor faktor penyebab kesalahan dalam tulisan imla’ dalam menulis khulasoh alfiyah ibnu malik yang ada di pondok pesantren Jabal noer sepanjang sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara atau bisa di katakana dengan survey dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penulisan Imla’ pada murid pondok pesantren jabal noer cukup memuaskan akan tetapi tetap harus adanya banyak latihan lagi agar lebih sempurna. Akan tetapi masih ada juga di antara mereka yang belum mengetahui bagaimana menulis bahasa Arab sesuai kaidah imla’. Di pondok pesantren jabal noer penulisan bahasa Arab menggunakan metode imla’ mankul yaitu Musrifah membacakan khulashoh alfiyah ibnu malik kepada murid kemudian didengarkan dan ditulis ulang apa yang dibacakan oleh musrifah. Beberapa sebab-sebab kesalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (a)murid memang tidak tau qaidah imlak dikarenakan absen saat materi imlak. Selanjutnya (b)kurangnya latihan pada murid sehingga murid hanya memahami kaidah akan tetapi sedikit kesulitan pada latihan imlak (c)murid malu bertanya sehingga menganggap semua kaidah imlak sama.(d).kesalah pahaman murid terhadap kaidah imlak yang telah dipelajari

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahrirah, Sania Jihansaniajihanfahrirah@gmail.comA71218075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAditoni, Agusagaditoni@yahoo.com2002106201
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Imla’; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Sania jihan fahrirah Jihan
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:29
Last Modified: 07 Sep 2022 08:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54459

Actions (login required)

View Item View Item