Fenomena gerakan hijrah virtual kaum milenial di media sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aida, Siti (2022) Fenomena gerakan hijrah virtual kaum milenial di media sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Aida_E02218022 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena komunitas hijrah virtual di media sosial dalam beberapa tahun terakhir banyak diminati terutama kaum milenial. Gerakan ini menjadi sangat kuat dalam menciptakan perubahan di masyarakat. Sekaligus bentuk transformasi agama yang diimplentasikan dalam perilaku keagamaan melalui aktivitas kelompok dengan tujuan menjadi pribadi yang lebih baik dari sisi agama Islam. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik dari George Herbert Mead. Dengan metode kualitatif netnografi. Sehingga data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Mengangkat permasalahan penting seperti bagaimana pemaknaan dan latar belakang kaum milenial melakukan hijrah?. Dan perubahan apa saja yang terjadi dalam kehidupan kaum milenial setelah memutuskan untuk bergabung dengan komunitas hijrah virtual?. Melalui hasil data yang didapatkan kemudian diaplikasikan pada teori interaksionisme simbolik sesuai dengan kebutuhan penelitian. Kesimpulan hasil dari penelitin ini, sebagai berikut: kaum milenial memaknai hijrah sebagai proses memperbaiki diri untuk kehidupan yang lebih baik. Dengan mengikuti ajaran yang baik dan benar sesuai syariat Islam. Kemudian hijrah tersebut dilatar belakangi oleh pengaruh maraknya fenomena hijrah di media sosial serta bentuk kesadaran dalam diri kaum milenial. Yang kemudian sesuai dengan harapan kaum milenial bahwa hijrah virtual cukup memiliki dampak positif pada kehidupan nyata. Yaitu dengan adanya perubahan cara berpakaian, berperilaku, bersikap dan ibadah yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aida, Sitisitiaida250900@gmail.comE02218022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaqqul, Yaqinhaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Agama
Budaya - Agama
Media Sosial
Keywords: Fenomena; Hijrah Kaum Milenial; Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Siti Aida
Date Deposited: 28 Oct 2023 17:33
Last Modified: 28 Oct 2023 17:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54474

Actions (login required)

View Item View Item