فعالية تطبيق المسابقة التفاعلية بوسيلة Mentimeter في تعليم مهارة القراءة لطلاب الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 3 سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oetomo, Shavira Tasya Putri (2022) فعالية تطبيق المسابقة التفاعلية بوسيلة Mentimeter في تعليم مهارة القراءة لطلاب الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 3 سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shavira Tasya Putri Oetomo_D72218044 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Terdapat beberapa permasalahan terkait proses pembelajaran bahasa arab pada kelas VII di MTsN 3 Kota Surabaya. Diantaranya، beberapa siswa kelas 7 merasa bosan dan kurang antusias belajar bahasa arab terutama dalam keterampilan membaca sehingga siswa kurang dapat memahami teks bacaan dengan baik dan benar. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran bahasa arab terutama pada maharah qiroah. Oleh karena itu، peneliti menerapkan kuis interaktif melalui media mentimeter dalam pembelajaran maharah qiroah. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran maharah qiroah tanpa menerapkan kuis interaktif melalui media mentimeter pada pembelajaran maharah qiroah siswa kelas VIII di MTsN 3 Kota Surabaya. 2) Untuk mengetahui penerapan kuis interaktif melalui media mentimeter pada pembelajaran maharah qiroah siswa kelas VIII di MTsN 3 Kota Surabaya. 3) Untuk mengetahui efektivitas penerapan kuis interaktif melalui media mentimeter pada pembelajaran maharah qiroah siswa kelas VIII di MTsN 3 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling kelas VII-A sebanyak 32 siswa di MTsN 3 Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan uji “t-test”. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi، wawancara، tes dan dokumentasi. Hasil dari analisis diperoleh > | 1،692 < 7،5 > 2،444 karena lebih besar dari maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektivitas penerapan kuis interaktif melalui media mentimeter pada pembelajaran maharah qiroah siswa kelas VIII di MTsN 3 Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oetomo, Shavira Tasya Putrishavirata@gmail.comD72218044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Teknologi
Keywords: Kuis interaktif; mentimeter; maharah qiraah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Shavira Tasya
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:09
Last Modified: 10 Oct 2022 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54484

Actions (login required)

View Item View Item