Konsumerisme di era modern: kajian ma’an al-Hadith riwayat an-Nasa’i nomer 2559 dengan pendekatan Sosiologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Muhammad (2022) Konsumerisme di era modern: kajian ma’an al-Hadith riwayat an-Nasa’i nomer 2559 dengan pendekatan Sosiologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Abdillah_E75218054.pdf

Download (5MB)

Abstract

Konsumerisme disebut sebagai gaya hidup dimana seseorang yang secara berlebihan membeli suatu barang atau jasa dengan mengutamakan keinginan dari pada kebutuhannya dan secara ekonomi akan menyebabkan pemborosan. Penelitian ini diteliti setelah melihat banyaknya sikap pemborosan di kalangan masyarakat luas di era modern ini, dalam penelitian ini penulis mengangkat beberapa masalah yaitu bagaimana kualitas dan ke-hujjah-an Hadith tentang konsumerisme dalam riwayat An-Nasa’i Nomer 2559, bagaimana pemaknaan Hadith tentang konsumerisme dalam riwayat An-Nasa’i Nomer 2559, bagaimana implikasi Hadith tentang konsumerisme An-Nasa’i Nomer 2559 dalam konteks kehidupan sosial di masyarakat. Penelitian ini terfokus pada sikap konsumerisme, dengan meneliti permasalahan seputar kualitas dan ke-hujjah-an Hadith anjuran menghindari sikap konsumerisme di era modern dalam kitab Sunan An-Nasa’i Nomer 2559 dan bagaimana pemaknaan Hadith tersebut baik dari segi Ma’an al-Hadith maupun makna kontekstual dengan menggunakan pendekatan sosiologi. dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian library reacrch, serta didukung ilmu Ma’an al-Hadith yang disertai dengan I’tibar, takhrij al-hadith serta kaidah jarh wa ta’dil.Hasil dari penelitian Hadith tentang anjuran menghindari sikap konsumerisme dalam Sunan an-Nasa’i nomor indeks 2559 berstatus Hadith H{asan lii dzatihi, karena sanad Hadith tersebut kritik sanadnya ada ulama yang mengatakan saduq, sedangkan kehujjahan H{adi>th tersebut merupakan maqbul ma’mulun bih, yaitu hadis tersebut dapat diamalkan dan dapat dijadikan sebagai hujjah serta H{adi>th tersebut merupakan Hadith marfu’. Dalam pendekatan sosiologi Jean Baudrillard mengatakan konsumerisme sebagai anak kandung kapitalisme telah melebar sampai ke masyarakat luas. Perilaku konsumsi dipandang sebagai homogenisasi atau heterogenisasi budaya global.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Muhammadlukmanabi85954@gmail.comE75218054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorichwayudi, budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Budaya - Agama
Masalah sosial
Konsumen
Keywords: Konsumerisme; hadith konsumerisme; sosiologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Muhammad Abdillah
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:36
Last Modified: 19 Sep 2022 04:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54495

Actions (login required)

View Item View Item