Perancangan Museum Kreweng di Sidoarjo dengan menggunakan pendekatan Naratif Arsitektur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Itsna Zumrotul (2022) Perancangan Museum Kreweng di Sidoarjo dengan menggunakan pendekatan Naratif Arsitektur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Itsna Zumrotul Fauziyah_H03218010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budaya maupun sejarah yang beraneka ragam dari sabang hingga merauke. Akan tetapi masih banyak museum yang belum memadai di Indonesia. Maka dari itu tugas kita sebagai pemilik sejarah adalah menjaga warisan tersebut dengan melakukan pemberdayaan yang baik karena warisan sejarah adalah sesuatu hal yang mutlak untuk dilindungi agar tidak punah. Pemberdayaan tersebut salah satunya dapat diwujudkan melalui perancangan museum yang berguna sebagai tempat menyimpan dan memamerkan benda sejarah. Perancangan museum kreweng ini menggunakan pendekatan naratif untuk memberikan pengalaman ruang yang menarik bagi pengunjung sehingga museum bukan hanya sekedar tempat untuk menampilkan barang koleksi tetapi dapat memberikan kesan melalui ruanganya dengan menggabungkan legenda yang terkenal di sekitar lokasi yaitu legenda Raden Ayu Putri Ontjat Tondho Wurung yang meninggal karena dituduh berzina oleh ayahnya sendiri. Narasi ini diaplikasikan kedalam museum dengan mengambil esensi rasa kehancuran, kehilangan dan juga kesedihan. Sehingga perancangan museum kreweng dengan pendekatan naratif ini diharapkan dapat menjadi tujuan utama wisata edukasi bagi masyarakat yang mana selama ini kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Itsna Zumrotulh03218010@uinsby.ac.idH03218010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma18@gmail.com2018118102
Subjects: Arsitektur
Pariwisata
Sejarah
Keywords: perancangan museum; arsitektur naratif; Raden Ayu Putri Ontjat Tondho Wurung
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: itsna itsna zumrotul fauziyah
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:34
Last Modified: 18 Apr 2023 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54524

Actions (login required)

View Item View Item