Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar Zainuddin Waru Sidoarjo dan Sekolah Dasar Negeri Berbek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspitasari, Merry (2022) Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar Zainuddin Waru Sidoarjo dan Sekolah Dasar Negeri Berbek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Merry Puspitasari_D73218054 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Merry Puspitasari_D73218054 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Topik bahasan dalam skripsi ini mencakup supervisi akademik kepala sekolah, kompetensi pedagogik guru, dan supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Sekolah Dasar Berbek Sidoarjo dan Sekolah Dasar Zainuddin Waru Sidoarjo. Supervisi akademik Merupakan kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka peningkatan kompetensi pengajar dan kualitas pembelajaran melalui pembelajaran yang baik dan berkesinambungan. kompetensi pedagogik guru adalah mengacu pada kapasitas guru untuk mengelola pembelajaran, yang mencakup kemampuan untuk memahami siswa, merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi hasil belajar, serta mengembangkan siswa untuk mencapai potensi penuh mereka. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Termasuk penelitian multisitus yang menjadikan dua lembaga sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi kepela sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan guru. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Supervisi akademik kepala sekolah sama-sama dilakukan minimal satu kali dalam setiap semester, kepala sekolah berperan sebagai koordinator, konsultan dan evaluator. Pihak yang terlibat dalam kegiatan supervisi di SD Berbek Sidoarjo kepala sekolah, ketua tim kurikulum dan guru, di SD Zainuddin Waru Sidoarjo melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan guru. (2) Kompetensi pedagogik guru dilakukan berdasarkan indikator kompetensi pedagogik guru yang meliputi kemampuan guru memahami siswan, menguasai dan memahami kurikurum serta teori, dapat menguasai pembelajaran dan mampu berkomukasi dengan baik, mampu membantu mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, melakukan penilaian dan evaluasi proses pembelajaran. (3) kegiatan supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kompetesi pedagogik guru memiliki faktor pendukung dan penghambat, pada SDN Berbek faktor pendukung meliputi kesiapan guru, dan media pembelajaranya, sedangkan untuk faktor penghambat adalah keterbatasan waktu yang ada dan adanya siswa yang tertiggal dalam memahami pembelajaran. Di SD Zainuddin Waru Sidoarjo faktor pendukung adalah motivasi bagi guru, kesediaan guru, hubungan antara sesama guru dan kepala Sekolah, dan transparansi pengelolaan kelas antara guru dan kepala sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspitasari, Merryfangfirli@gmail.comD73218054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Subjects: Guru
Manajemen Pendidikan
Keywords: supervisi akademik kepala sekolah; kompetensi pedagogik guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Merry Puspitasari
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:26
Last Modified: 01 Mar 2024 06:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54535

Actions (login required)

View Item View Item