Perkembangan moral santriwati melalui pembacaan Ratib Al-Haddad di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Kota Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islami, Happy Hilda (2022) Perkembangan moral santriwati melalui pembacaan Ratib Al-Haddad di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Kota Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Happy Hilda Islami_E97218068 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Happy Hilda Islami_E97218068 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Perkembangan Moral Santriwati Melalui Pembacaan Ratib al-Haddad Di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Kota Pasuruan. Problem akademik penelitian ini yaitu dirumuskan pada: 1) Bagaimana pelaksanaan pembacaan Ratib al-Haddad yang dilakukan di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Pasuruan. 2) Bagaimana Ratib al-Haddad sebagai sarana perkembangan moral santriwati di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Pasuruan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan perkembangan moral santriwati melalui pembacaan Ratib al-Haddad. Metode peneltitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, pengambilan data yang digunakan yaitu dengan panduan wawancara yang berisi soal dilema moral. Hasil dari penelitian ini yaitu pelaksanaan pembacaan zikir Ratib al-Haddad di Pondok Pesantren Salafiyah Putri dilakukan sebagai kegiatan rutinan setiap selesai sholat maghrib berjama’ah pada hari hari tertentu yaitu selasa, rabu, jum’at dan sabtu. Zikir ini menjadi turun temurun dari Kyai Hamid hingga kepada keluarga dan para santri. Perkembangan moral santriwati di Pondok Pesantren Salafiyah Putri dibedakan dengan usia yaitu usia 11-13 tahun yang berada pada tahap perkembangan moral pra-konvensional dan konvensional. Pada tahap ini, dari 15 terdapat 10 santri yang merasakan perubahan dalam dirinya dengan pembacaan Ratib al-Haddad. Sedangkan, pada usia 16-21 tahun cenderung berada di tahap perkembangan moral konvensional dan pasca konvensional. Pada tahap ini, dari 15 terdapat 13 santri yang menyadari bahwa dengan pembacaan Ratib al-Haddad mereka merasa dirinya lebih baik dari sebelumnya, dan terdapat perubahan akhlak dengan berjalannya waktu. Dalam mencapai tahap perkembangan moral di Pondok Pesantren selain dengan pendidikan akhlak, melakukan ibadah dan zikir lainnya, serta didasari oleh faktor lingkungan. Lingkungan yang ada di Pondok Pesantren mengajarkan nilai-nilai moral keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Adanya peraturan ketat di pondok, dapat membuat santri menjalani kehidupan dengan positif, tercipta moral yang lebih baik didampingi dengan nilai-nilai agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islami, Happy Hildahpphilda@gmail.comE97218068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmujitasmuji@uinsby.ac.id2027096201
Subjects: Pesantren
Tasawuf
Keywords: Perkembangan Moral; Ratib al-Haddad; Pondok Pesantren Salafiyah Putri
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Happy Hilda Islami
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:42
Last Modified: 01 Mar 2024 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54560

Actions (login required)

View Item View Item