Analisis hukum islam dan hukum positif terhadap penindakan pelaku tindak pidana penyelundupan benih lobster dikawasan perdagangan bebas Kota Batam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ashari, Vendyk Aji (2022) Analisis hukum islam dan hukum positif terhadap penindakan pelaku tindak pidana penyelundupan benih lobster dikawasan perdagangan bebas Kota Batam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vendyk Aji Ashari_C93217111.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yuridis empiris yang sumber datanya diperoleh dari hasil melalui penelitian lapangan, yang dilakukan baik melalui pengamatan (observasi), wawancara yang dilakukan di Polresta Barelang Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penindakan hukumnya, unit Siber Reserse Kriminal Khusus( Reskrimsus) Polresta Barelang sejauh ini telah melakukan upaya dengan menindak pelalu tindak pidana penyelundupan benih lobster dengan cara menjebak para pelaku tindak pidana penyelundupan ini. Pelaku tindak pidana penyelundupan benih lobster ini melanggar Peraturan Menteri Kelauatan dan Perikanan (Permen KP) Pasal 18 ayat 1 Nomor 17 Tahun 2021 Tentang pengelolaan lobster dan ketentuan Pasal 88 dan 92 Undang-Undang No 45 Tahun 2009 Tentang Perikanan atas perubahan Undang-Undang No 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan, dan juga terjerat Undang-undang No 17 Tahun 2006 Tentang Kepabean. Dalam hukum Islam yamg digunakan untuk menganalisa kasus ini saya yaitu menggunakan teori Jawābir dan zawa>jir yaitu teori terkait pencegahan dan pertanggung jawaban , karena kasus ini perlu adanya pencegahan agar tidak terjadi kesalahan yang sama. Dapat disimpulakan dari pemaparan di atas, terdapat beberapa saran diantaranya adalah hendaknya pihak kepolisian bekerja sama dengan masyarakat sekitar yang khususnya di kawasan pelabuhan yang menjadi jalan pintu keluar masuk tindak pidana penyelundupa benih lobster ini. Selanjutnya supaya pihak aparat yang berwajib dikawasan perdagangan bebas kota batam rutin melakukan penyuluhan di setiap lokasi yang sering terjadinya tindak pidana penyelundupan benih lobster.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ashari, Vendyk AjiC93217111@uinsby.ac.idC93217111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmin, Mahir--197212042007011027
Subjects: Hukum > Hukum Pidana
Hukum > Hukum Pidana Islam
Pengangkutan > Pengangkutan Barang
Keywords: Penyelundupan; benih lobster; Free Trade Zone
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Vendyk Aji Ashari
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:16
Last Modified: 28 Oct 2022 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54586

Actions (login required)

View Item View Item