Tinjauan hukum Islam terhadap penggunaan game online yang mengganggu keharmonisan keluarga: studi kasus di Desa Banjarsari Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausi, Nurul (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap penggunaan game online yang mengganggu keharmonisan keluarga: studi kasus di Desa Banjarsari Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Firdausi_C01217024 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penggunaan Game Online Untuk Keharmonisan Keluarga (Studi Kasus di Desa Banjarsari Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik)” Yang bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah yaitu. Bagaimana penggunaan game online untuk keharmonisan keluarga di Desa Banjarsari Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik? Dan Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap penggunaan game online untuk keharmonisan keluarga di Desa Banjarsari Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik? Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field reseach), data penelitian ini diambil melalui wawancara berkaitan dengan game online bagi keharmonisan keluarga di Desa Banjarsari Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan menggunakan metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dari pasangan yang memainkan game online, selain sebagai sarana hiburan dari kepenatan, juga berdampak terhadap keharmonisan keluarganya adanya hak yang tidak terpenuhi, selain itu juga tidak terpenuhinya kewajiban suami istri, dan hak anak. kedua, yakni dari dampak memainkan game online tersebut jika game online yang dimainkan sebagai ajang untuk hiburan yang diperbolehkan oleh syariat Islam maka jika memainkan game online tersebut disalahgunakan serta menimbulkan kemudharatan bagi dirinya dan keluarganya, maka ditimbang dari Maslahah Mursalah, serta mempertimbangkan hak dan kewajiban suami isteri yang termuat dalam Kompilasi Hukum Islam dan Undang-Undang No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Berangkat dari kesimpulan di atas hendaknya untuk para bagi pasangan suami isteri yang memainkan game online hendaknya sewajarnya saja dan tidak berlebihan, agar tidak terjadi hal-hal buruk yang diinginkan. Agar kehidupan berkeluarga menjadi aman, damai dan tentram tentunya akan tercipta keluarga yang harmonis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausi, Nurulnurulfirdausi88@gmail.comC01217024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhan, MasruhanUNSPECIFIED2004045901
Subjects: Game Online
Hukum > Hukum Perdata Islam
Keluarga
Keywords: Game online; keharmonisan keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nurul Firdausi
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:29
Last Modified: 13 Sep 2022 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54592

Actions (login required)

View Item View Item