Tinjauan fiqh siyasah dusturiyah terhadap pengendalian air limbah menurut peraturan Daerah Kota Surabaya nomor 12 tahun 2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Moch Tri (2022) Tinjauan fiqh siyasah dusturiyah terhadap pengendalian air limbah menurut peraturan Daerah Kota Surabaya nomor 12 tahun 2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Tri Saputra_C74218051 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Moch Tri Saputra_C74218051 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Data penelitian dihimpun melalui yuridis Normatif yaitu metodologi penelitian Kualitatif yang berkaitan langsung terhadap Pengendalian Air Limbah. Selanjutnya sumber-sumber data yang dilakukan nantinya akan disusun secara deksriptif yang dimaksudkan untuk memperoleh data yang sedetail mungkin. Data yang diperoleh kemudian dikumpulkan dan disusun secara sistematis kemudian ditinjau menggunakan analisis yuridis dan teori Fiqh Siya<sah Dusturiyah. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengendalian air limbah menurut peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2016 yaitu menegaskan bahwa Peraturan tersebut memiliki Peran yang penting serta tanggungjawab bersama dalam hal melakukan perlindungan terhadap hal pengelolahan lingkungan hidup dengan meningkatkan kualitas mutu lingkungan. Salah satunya pemerintah hampir sama tugasnya dengan gubernur yakni merupakan konsep Fiqh Siya<sah Dusturiyah yang merupakan kekuasaan eksekutif dalam konteks ruang lingkup ketatanegaraan islam untuk memberikan kemanfaatan bagi lingkungan hidup. Pemerintah sampai saat ini sudah melakukan tugasnya dengan baik akan tetapi masih dirasa kurang dalam pelaksanaan peraturannnya. Pemerintah harus mendapat solusi untuk menangani permasalahan tentang pengendalian air limbah karena masih banyak ditemukan sungai yang tercemar bahan kimia serta kurang patuhnya masyarakat tanpa memikirkan hal yang akan terjadi dan oknum perusahaan yang selalu membuang air limbah sembarangan tanpa melalui prosedur peraturan menyebabkan tingginya angka erosi air yang ada sehingga dapat menimbulkan efek berbahaya bagi kelangsungan ekosistem lingkungan masyarakat kota Surabaya, dan hal tersebut tidak sesuai dengan konsep Fiqh Siya<sah Dusturiyah yang mana tidak menjaga lingkungan hidup. Sejalan dengan kesimpulan yang dibuat penulis bahwa dibutuhkan peran yang lebih dalam hal pengawasan pengendalian air limbah. Serta menindak dengan tegas para masyarakat dan oknum perusahaan yang membuang air limbah sembarangan karena melanggar peraturan pemerintah kota Surabaya Nomor 12 Tahun 2016 yang dimana peraturan tersebut dibuat untuk menciptakan tatanan hidup yang maju dan juga tetap memelihara lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Moch Trimtrisaputra980@gmail.comC74218051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWijaya, Arifrifjaya2@gmail.com2019077101
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian
Keywords: Air Limbah; Fiqh Siyasah Dusturiyah; Perda kota Surabaya no 12 Tahun 2016
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Saputra Moch Tri
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:23
Last Modified: 04 Mar 2024 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54616

Actions (login required)

View Item View Item