Implementasi aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) dalam meningkatkan layanan pendidikan di MAN 1 Bojonegoro dan MAN 2 Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ines, Bilqis Salma (2022) Implementasi aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) dalam meningkatkan layanan pendidikan di MAN 1 Bojonegoro dan MAN 2 Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bilqis Salma Ines_D93218077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi mulitisitus. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, operator aplikasi RDM, dua wali kelas, dua guru mata pelajaran, dua siswa di kedua madrasah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunaan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk menganalisis data, dan triangulasi dalam menguji keabsahan data. Dari temuan penelitian dan pembahasan, skripsi ini dapat dideskripsikan bahwa (1) Implementasi aplikasi RDM di MAN 1 Bojonegoro dan MAN 2 Bojonegoro sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan aplikasi RDM dan indikator keberhasilan aplikasi, perbedaan antara kedua madrasah ini terletak pada waktu implementasi aplikasi RDM di kelas PDCI MAN 1 Bojonegoro, satu faktor pendukung dan beberapa faktor penghambat dari implementasi aplikasi RDM di MAN 1 Bojonegoro dan MAN 2 Bojonegoro . (2) Layanan pendidikan di MAN 1 Bojonegoro dan MAN 2 Bojonegoro sudah baik dan meningkat karena dapat memenuhi aspek indikator layanan pendidikan. Bentuk layanan pendidikan setidaknya meliputi layanan administrasi, program pembelajaran, sarana dan prasarana, bimbingan konseling, evaluasi pendidikan, dan penilaian. Adapun perbedaan layanan pendidikan antara MAN 1 Bojonegoro dan MAN 2 Bojonegoro yaitu, pada program layanan pendidikan dan cara peningkatan layanannya. (3) Implementasi aplikasi RDM dalam meningkatkan layanan pendidikan di MAN 1 Bojonegoro dan MAN 2 Bojonegoro sudah baik karena telah memenuhi indikator e-service quality yang meliputi keamanan, komunikasi, ketepatan, kecepatan dan tata cara penyampaian informasi. Adapun perbedaan yang ada antara MAN 1 Bojonegoro dan MAN 2 Bojonegoro adalah pada sosialisasi RDM pada siswa, penginputan data siswa oleh wali kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ines, Bilqis Salmabilqisines@gmail.comD93218077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com/samsulmaarif@uinsbya.ac.id2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Layanan
Manajemen Pendidikan
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Aplikasi; rapor digital madrasah; peningkatan layanan pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Bilqis Salma Ines
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:52
Last Modified: 13 Oct 2022 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54641

Actions (login required)

View Item View Item