Perancangan sentra pengolahan perikanan di Kota Surabaya dengan pendekatan Arsitektur Biofilik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Fahima (2020) Perancangan sentra pengolahan perikanan di Kota Surabaya dengan pendekatan Arsitektur Biofilik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahima Fitriani_H73218032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia memiliki kedudukan penting dalam kegiatan ekonomi, terutama dalam perikanan dengan kekayaan laut yang berlimpah. Potensi luas tambak di Indonesia sangat besar, untuk itu pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan sangatlah dibutuhkan bagi daerah-daerah yang memiliki sumberdaya ikan yang potensial termasuk Kota Surabaya. Kelurahan Wonorejo merupakan kelurahan di Kota Surabaya yang letaknya tidak jauh dari sumber daya alam hasil perikanan, terutama ikan bandeng, peluang pasar untuk produk bandeng tanpa duri sangat besar. Sentra Pengolahan Perikanan diharapkan dapat menjadi wadah yang memfasilitasi kegiatan pengelolaan hasil perikanan yang dapat berfungsi dengan baik dan tetap berkelanjutan untuk generasi masa kini maupun untuk generasi yang akan datang. Perancangan Sentra Pengolahan Perikanan akan menghadirkan konsep Biofilik “Nature in Space (Pola Alam dalam Ruang)” yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan fisik serta meningkatkan kreativitas pengguna. Sentra Pengolahan Perikanan memiliki tujuan untuk memungkinkan pekerja hidup dan bekerja pada tempat yang terjaga kesehatannya dengan minimum tingkat stress, serta menyediakan kehidupan yang sejahtera dengan menghadirkan tempat kerja yang mengintegrasikan alam, baik dengan material ataupun bentuk-bentuk alami, serta dapat menghargai alam dengan cara mengelola limbah industri yang di hasilkan. Penyediaan sarana semacam ini dibutuhan lebih banyak lagi untuk
medukung kegiatan ekonomi masyarakat, terutama dalam sektor perikanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Fahimah73218032@uinsby.ac.idH73218032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRatodi, Muhamadmratodi@uinsby.ac.id2004038102
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com2024027903
Subjects: Arsitektur
Lingkungan Hidup
Keywords: perikanan; limbah industri; perancangan; biofilik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Fahima Fitriani
Date Deposited: 17 Oct 2022 06:30
Last Modified: 17 Oct 2022 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54659

Actions (login required)

View Item View Item