Terapi Dzikrullah untuk mengatasi pikiran negatif pada Ibu Seorang Anak di Desa Sukowati Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Nur Husna (2022) Terapi Dzikrullah untuk mengatasi pikiran negatif pada Ibu Seorang Anak di Desa Sukowati Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Husna Lestari_B03218031 OK.pdf

Download (888kB)
[img] Text
Nur Husna Lestari_B03218031 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.

Download (5MB)

Abstract

Fokus dalam penelitian ini ialah bagaimana proses dan hasil pelaksanaan terapi dzikrullah untuk mengatasi pikiran negatif seorang remaja terhadap ibunya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Dan data yang didapatkan ialah melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa proses terapi dzikrullah untuk mengatasi pikiran negatif seorang remaja terhadap ibu memiliki 4 langkah. Langkah pertama prakondisi, kedua conditioning, ketiga treatment, danlangkah keempat atau terakhir ialah peneliti melakukan evaluasi dan follow up kepada konseli, terkait permasalahan yang sedang dihadapi oleh konseli. Terapi dzikrullah dikatakan cukup berhasil untuk mengatasi pikiran negatif seorang remaja kepada ibunya, hal ini dapat dilihat dari hasil sebelum dan sesudah diberikannya treatment atau terapi kepada konseli. Yakni sebelum diberikan terapi, konseli mudah sekali berpikir negatif kepada ibunya, bahwa ibunya tidak perhatian, tidak sayang, dan selalu mengekang konseli. Ketika sudah diberikan terapi, konseli mulai bisa berpikir lebih rasional, hubungan konseli dan ibunya membaik, dan konseli mulai terbiasa melalukan dzikir setelah selesai sholat 5 waktu dan ketika ia merasa tidak tenang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Nur Husnahusnalestarinur@gmail.comB03218031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, Agusagus.santoso@uinsby.ac.id2025087001
Subjects: Pemikiran
Terapi
Keywords: Terapi Dzikrullah; Pikiran Negatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nur Husna Lestari
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:28
Last Modified: 04 Mar 2024 07:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54711

Actions (login required)

View Item View Item