Pengaruh pembelajaran sentra bahan alam dengan media biji-bijian terhadap pengenalan konsep bilangan 1-10 di TK Al-Amin Wage Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Nurlia Fanny (2022) Pengaruh pembelajaran sentra bahan alam dengan media biji-bijian terhadap pengenalan konsep bilangan 1-10 di TK Al-Amin Wage Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurlia Fanny Salsabila_D09218016 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nurlia Fanny Salsabila_D09218016 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 di TK Al-Amin Wage Sidoarjo sehingga hal tersebut perlu untuk dikembangkan. Hal tersebut nampak ketika anak belajar mengenal konsep bilangan, sebagian besar masih banyak yang mengalami kesulitan karena guru hanya sekedar menyampaikan materi secara verbal dan anak tidak didukung dengan adanya media konkret. Oleh karena itu, guru seharusnya dapat mengupayakan berbagai macam cara belajar agar anak dapat mengenal konsep bilangan sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran sentra bahan alam dengan media biji-bijian dan apakah ada pengaruh pembelajaran sentra bahan alam dengan media biji-bijian terhadap pengenalan konsep bilangan 1-10 di TK Al-Amin Wage Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Subyek penelitian ini berjumlah 25 anak dari kelompok A. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berbentuk daftar pengamatan (observasi) dan dokumentasi sebagai bahan pendukung. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana antar variabel dan diperkuat dengan adanya nilai koefisien determinasi antar variabel dimana perhitungan tersebut akan menunjukkan besarnya nilai pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Hasil penyajian data menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran sentra bahan alam dengan media biji-bijian diawali dengan pembuatan rencana pembelajaran. Sebelum masuk kelas, guru melakukan penyambutan lebih dulu dan dilanjutkan dengan menjalankan empat pijakan bermain serta melakukan penilaian di akhir pembelajaran. Uji analisis data diketahui nilai sig. 0,000 < 0,05 itu artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, bahwa ada pengaruh pembelajaran sentra bahan alam dengan media biji-bijian secara signifikan terhadap pengenalan konsep bilangan 1-10 di TK Al-Amin Wage Sidoarjo dan mendapat nilai koefisien determinasi sebesar 59,9% dan sisa 40,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Nurlia Fannynurliafannys1516@gmail.comD09218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com2020117003
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto----
Subjects: Anak
Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Keywords: Pembelajaran Sentra Bahan Alam; Media Biji-bijian; Konsep Bilangan 1-10
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nurlia Fanny Salsabila
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:45
Last Modified: 04 Mar 2024 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54714

Actions (login required)

View Item View Item