Manajemen komunikasi dalam mengembangkan kerjasama kemitraan di SDI Al Muttaqin Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijanarko, Ratih Dwi Setya (2022) Manajemen komunikasi dalam mengembangkan kerjasama kemitraan di SDI Al Muttaqin Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ratih Dwi Setya Wijanarko_D73218065 OK.pdf

Download (547kB)
[img] Text
Ratih Dwi Setya Wijanarko_D73218065 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai manajemen komunikasi dalam mengembangkan kerjasama kemitraan di SDI Al Muttaqin Driyorejo Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. penelitian ini dilakukan di SDI Al Muttaqin Driyorejo Gresik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen komunikasi di SDI Al Muttaqin Driyorejo Gresik dimulai sejak tahun 2006 dan berjalan dengan baik, serta dapat dilakukan melalui waktu dan tempat yang berbeda-beda. 2) Kerjasama kemitraan di SDI Al Muttaqin Driyorejo Gresik dapat dikatakan cukup baik. Adapun kemitraannya Cambridge international primary programme, Klinik Pendidikan MIPA, dan Sekolah Kebangsaan Bandar Sungai Buaya. 3) Manajemen komunikasi dalam mengembangkan kerjasama kemitraan di SDI Al-Muttaqin Driyorejo Gresik berjalan sesuai visi sekolah. Kerjasama kemitraan ini juga didukung oleh orang-orang yang ada di sekitar SDI Al Muttaqin Driyorejo Gresik, sehingga dapat berkembang hingga saat ini. 4) Faktor pendukung dalam manajemen komunikasi dalam mengembangkan kerjasama kemitraan di SDI Al Muttaqin Driyorejo Gresik ini adalah dengan mendapatkan berbagai dukungan dan fasilitas sekolah yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pada saat wabah covid-19 yaitu sulitnya menjalankan program yang sudah direncanakan, komunikasi yang sedikit terhambat karena tidak dapat bertemu tatap muka, dan juga masalah biaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijanarko, Ratih Dwi Setyaratihdwisw@gmail.comD73218065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imamnickssholihah@yahoo.com2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Kerjasama Internasional
Komunikasi
Manajemen Komunikasi
Keywords: Manajemen Komunikasi; Kerjasama Kemitraan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ratih Dwi Setya Wijanarko
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:31
Last Modified: 20 Dec 2023 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54727

Actions (login required)

View Item View Item