Ideologi Khilafah Felix Siauw di media sosial perspektif kuasa-pengetahuan Michel Foucault

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haq, Zulfikar Emir (2022) Ideologi Khilafah Felix Siauw di media sosial perspektif kuasa-pengetahuan Michel Foucault. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfikar Emir Haq_E91217057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi membawa perubahan yang signifikan bagi kehidupan manusia, perubahan tersebut mengakibatkan transformasi metode dakwah yang menjadikan media sosial sebagai alat dakwah masa kini. Tidak melihat latarbelakang sosial, politik, budaya, dan ideologi seseorang dalam penggunaan media sosial serta tidak adanya kontrol di dalamnya merupakan sisi lain dari bahaya media sosial. Hal ini dimanfaatkan oleh HTI yang kini menjadi organisasi terlarang di Indonesia, HTI lebih masif dalam mempropagandakan gagasan dan wawasan khilafah ala HTI. Terlebih mereka memiliki kader bernama Felix Siauw yang sangat digandrungi oleh kaum muda, Felix Siauw menggunakan media sosialnya sebagai media dakwahnya, latarbelakangnya sebagai marketing digunakan secara maksimal untuk mempromosikan gagasan khilafah. Banyaknya orang yang tidak paham bagaimana sistem khilafah beroperasi serta proses transisi ideologi dalam bernegara menjadi masalah baru. Teori kuasa-pengetahuan Michel Foucault relevan untuk membedah bagaimana proses ideologisasi khilafah yang dilakukan oleh Felix Siauw. Kuasa-pengetahuan memiliki relasi yang berkesinambungan, tertutama bagi sebuah ideologi yang termarginalkan, sebab penggunaan pengetahuan bisa memproduksi sebuah kuasa, sedangkan kuasa dapat mereduksi, membuat, dan merawat pengetahuan yang bertujuan untuk terus melanggengkan kuasa sesuai kepentingannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haq, Zulfikar Emirzulfikaremirhaq@gmail.comE91217057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Ideologi Islam
Media Sosial
Keywords: media sosial; Felix Siauw; kuasa-pengetahuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Zulfikar Emir Haq
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:18
Last Modified: 19 Oct 2022 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54786

Actions (login required)

View Item View Item