Relasi Islam dan Aliran Kepercayaan: studi kasus atas muslim Penghayat Ilmu Sejati di Desa Ngadirejo Kecamatan Tanjunganom Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismatulloh, Muh. Kholid (2022) Relasi Islam dan Aliran Kepercayaan: studi kasus atas muslim Penghayat Ilmu Sejati di Desa Ngadirejo Kecamatan Tanjunganom Nganjuk. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh. Kholid Ismatulloh_F52918341.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah analisis terhadap Penghayat Aliran Kepercayaan Ilmu Sejati yang mempertahankan dua identitas kepercayaan Islam dan Aliran Kepercayaan. Hingga saat ini, fenomena muslim penghayat masih terjadi pasca Putusan Mahkamah Konstitusi No. 97/PUU-XIV/2016. Muslim Penghayat mempertahankan identitasnya karena alasan diantaranya mudahnya posisi strategis sebagai pemeluk agama resmi, mudahnya akses pekerjaan, hingga laku penghayat yang tidak memerlukan pengakuan secara administratif. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pemaknaan agama bagi muslim penghayat Ilmu Sejati serta klasifikasi muslim penghayat berdasarkan tingkat sublimitas identitasnya.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Melalui metode studi kasus, muncul asumsi awal bahwa identitas ganda yang disandang muslim penghayat menjadi faktor fleksibilitas praktik keagamaan muslim penghayat Ilmu Sejati. Setelah dilakukan penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Muslim penghayat Ilmu Sejati melaksanakan kewajiban sebagai muslim sekaligus kewajiban sebagai penghayat Ilmu Sejati dengan dialektika dan fleksibitas yang baik (2) Pemaknaan agama bagi muslim penghayat menumbuhkan sikap muslim moderat dan fleksibel dalam mengadopsi nilai-nilai budaya. Menjadi penghayat Ilmu Sejati tidak mengurangi rasa keagamaan seorang muslim karena praktik keagamaannya dekat dengan ajaran Islam. (3) Terdapat tiga tipe muslim penghayat Ilmu Sejati: Muslim Penghayat Inti, Muslim Penghayat Ketat, Muslim Penghayat Umum. Tipologi ini muncul dari basis pemahaman murid dalam interpretasi ajaran perguruan. Praktik keagamaan muslim penghayat Ilmu Sejati saling melengkapi antara Islam dan Aliran Kepercayaan. Praktik ini beriringan dan tidak menonjolkan salah satu identitas diatas identitas yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismatulloh, Muh. Kholidkholid.ismatulloh@gmail.comF52918341
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyir, Kunawikunawi@uinsby.ac.id2018096401
Thesis advisorHamdi, Ahmad Zainulahmadinung@uinsby.ac.id2018057203
Subjects: Aliran Kebatinan
Akulturasi
Budaya - Agama
Keywords: Muslim penghayat; ilmu sejati; makna beragama; praktik beragama.
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Muh Kholid Ismatulloh
Date Deposited: 09 Dec 2022 01:33
Last Modified: 09 Dec 2022 01:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54819

Actions (login required)

View Item View Item