تغييرات الأوزان العروضية في شعر "أعدت الراحة الكبرى لمن تعبا" لأحمد شوقي (دراسة في علم العروض)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusuma, Gea Azzahra Rahma (2022) تغييرات الأوزان العروضية في شعر "أعدت الراحة الكبرى لمن تعبا" لأحمد شوقي (دراسة في علم العروض). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gea Azzahra Rahma Kusuma_A01218011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahar yang digunakan beserta bentuk wazannya serta mendeskripsikan perubahan-perubahan wazan yang terdapat dalam syair “’Uiddatir Rahatul Kubra Liman Ta’ibā” karya Ahmad Syauqi. Wazan dapat berubah jika di dalamnya terdapat zihaf atau illat. Fokus permasalahan dalam pembahasan adalah: 1) Bentuk wazan apa yang digunakan oleh Ahmad Syauqi pada sya’ir “’Uiddatir Rahatul Kubra Liman Ta’ibā”? 2) Bagaimana bentuk perubahan wazan arudh dalam sya’ir “’Uiddatir Rahatul Kubra Liman Ta’ibaa” karya Ahmad Syauqi?. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahar yang digunakan beserta bentuk wazannya serta mendeskripsikan perubahan-perubahan wazan yang terdapat dalam syair “’Uiddatir Rahatul Kubra Liman Ta’ibā” karya Ahmad Syauqi.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu menjabarkan wazan ‘arudh yang telah diteliti serta mendeskripsikan perubahan wazan ‘arudh yang terjadi dalam syair “’Uiddatir Rahatul Kubra Liman Ta’ibā” karya Ahmad Syauqi. Sya’ir ini merupakan bahar basith dengan wazan مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ * مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ مُسْتَفْعِلُنْ فَاعِلُنْ, adapun perubahan wazan ‘arudh yang terjadi pada sya’ir ini berupa: 1) Zihaf Mufrad Khabn yaitu menghapus huruf kedua yang mati pada wazan, seperti فاعلن menjadi فعلن dan مُسْتَفْعِلُنْ menjadi مُتَفْعِلُنْ yang terdapat pada setiap bait dari awal hingga akhir, 2) Zihaf Mufrad Thayyun yaitu menghapus huruf keempat yang mati, seperti مُسْتَفْعِلُنْ menjadi مُسْتَعِلُنْ yang terdapat pada bait 2 dan 20, 3) Zihaf Mufrad Qabdhun yaitu menghapus huruf kelima yang mati, seperti مُسْتَفْعِلُنْ menjadi مُسْتَفْلُنْ yang terdapat pada bait 28.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusuma, Gea Azzahra Rahmagheaazhr@gmail.comA01218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Akhmadmirwan@uinsby.ac.id2014038501
Subjects: Bahasa Arab
Puisi
Keywords: Perubahan Wazan; Arudh; Syair
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Gea Azzahra Rahma Kusuma
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:17
Last Modified: 26 Oct 2022 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54883

Actions (login required)

View Item View Item