Studi komparatif konsep Khilafah Ahmadiyah dan Hizbut Tahrir Indonesia: analisis kuasa Michel Foucault

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arif, Ahmad Ahkamul (2022) Studi komparatif konsep Khilafah Ahmadiyah dan Hizbut Tahrir Indonesia: analisis kuasa Michel Foucault. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Ahkamul Arif_E91217060 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai konsep khilafah yang diusung oleh Ahmadiyah dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Ahmadiyah menganggap bahwa aspek spiritualitas menjadi poin penting dalam penerapan dari khilafah tersebut, sementara itu HTI dalam konsep khilafahnya lebih cenderung kepada sistem pemerintahan yang mengharuskannya untuk menerapkan aspek keislaman secara ketat. Beberapa rumusan masalah sudah ditentukan dalam penelitian ini, diantaranya adalah bagaimana tipologi khilafah Ahmadiyah dan HTI, serta bagaimanakah perbadingan konsep dari kedua organisasi tersebut setelah dianalisis. Penelitian ini nantinya akan menggunakan metode kualitatif-deskriptif yang disertai dengan pisau analisis dari konsep kuasa Michel Foucault. Hasil dari penelitian ini sendiri menyatakan bahwa terdapat beberapa perbandingan penting yang terdapat pada konsep khilafah antara Ahmadiyah dan HTI, seperti kontrol aktivitas yang dilakukan oleh Ahmadiyah cenderung pada aspek batiniah, sedangkan HTI pada aspek lahiriah. Seni penyebarannya sendiri juga terdapat perbedaan, Ahmadiyah lebih kepada aspek sosial dan HTI pada internal keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arif, Ahmad Ahkamulahkamalarif98@gmail.comE91217060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKasno, KasnoUNSPECIFIED2001125901
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat
Keywords: Khilafah Ahmadiyah; Khilafah HTI; Michel Foucault
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ahmad Ahkamul Arif
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:12
Last Modified: 22 Sep 2022 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54926

Actions (login required)

View Item View Item