Pengaruh media aplikasi ArabEasy terhadap keterampilan menulis bahasa Arab kelas IV di MI Roudlotul Banat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muksinin, Zumrotul (2022) Pengaruh media aplikasi ArabEasy terhadap keterampilan menulis bahasa Arab kelas IV di MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zumrotul Muksinin_D97218116.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas IV di MI Roudlotul Banat Sidoarjo yang masih dikategorikan rendah dikarenakan lebih dominannya keterampilan mendengar dan membaca. Selain itu, kegiatan pembelajaran bahasa Arab masih didominasi dengan metode ceramah yang dilakukan oleh guru dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kemampuan menulis bahasa Arab siswa sebelum penerapan media Aplikasi ArabEasy di MI.Roudlotul Banat Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui kemampuan menulis bahasa Arab siswa sesudah penerapan media Aplikasi ArabEasy di MI.Roudlotul Banat Sidoarjo. 3) Untuk mengetahui pengaruh media aplikasi ArabEasy terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV di MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen, dengan desain one group pretest posttest, yakni dengan membandingkan nilai pretest (sebelum diberikan perlakuan) dan nilai posttest (sudah diberikan perlakuan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas IV sebelum penerapan media Aplikasi ArabEasy di MI.Roudlotul Banat Sidoarjo diperoleh hasil nilai rata-rata yakni sebesar 52,2. Nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 20 dan nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 90. (2) Kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas IV sesudah penerapan media Aplikasi ArabEasy di MI.Roudlotul Banat Sidoarjo menunjukkan bahwa hampir semua siswa memperoleh nilai diatas KKM, dengan nilai rata-rata 82,7. Nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 60 dan nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 100. (3)Pengaruh media aplikasi ArabEasy terhadap kemampuan menulis bahasa Arab siswa, diperoleh hasil nilai signifikansi pretest 0,207 > 0,05, dan nilai signifikansi posttest 0,059 > 0,05, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil perhitungan Uji-T menggunakan rumus SPSS Paired Sample T-Test, diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 yang juga berarti H0 ditolak, dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muksinin, Zumrotuld97218116@uinsby.ac.idD97218116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Bahasa Arab
Menulis
Keywords: Media; Aplikasi ArabEasy; Menulis Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zumrotul Muksinin
Date Deposited: 06 Nov 2022 13:31
Last Modified: 06 Nov 2022 13:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54955

Actions (login required)

View Item View Item