Dampak strategi pengembangan Wisata Desa Kalidawir Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo dalam meningkatkan ekonomi lokal ditinjau dari perspektif maslahah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Dewi Setya (2022) Dampak strategi pengembangan Wisata Desa Kalidawir Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo dalam meningkatkan ekonomi lokal ditinjau dari perspektif maslahah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Setya Rahmawati_G94218163 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dewi Setya Rahmawati_G94218163 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjenis kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dengan beberapa informan, kuesioner dan dokumentasi untuk memperoleh informasi terkait strategi pengembangan Wisata Desa Kalidawir Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo dan dampak pengembangan wisata tersebut dalam meningkatkan ekonomi ditinjau dari perspektif maslahah. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis SWOT untuk menetukan alternatif strategi yang paling sesuai dengan Wisata Desa Kalidawir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan Wisata Desa Kalidawir Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo yang paling sesuai yaitu strategi SO (Strengtsh-Opportunity) yang memanfaatkan kekuatan internalnya untuk mendukung peluang yang ada dan pilihan strategi yang dapat dilakukan meliputi, membuat program loyalty guna menarik wisatawan dapat kembali berkunjung, melakukan promosi dengan membuat paket wisata, melakukan riset pasar dengan memanfaatkan media sosial untuk mengetahui tren yang ada, membuat desain planing yang jelas untuk event yang berkualitas. Kemudian untuk dampak dari pengembangan Wisata Desa Kalidawir ini dalam meningkatkan ekonomi lokal sudah sesuai dengan lima tujuan syara’yaitu memelihara agama, memelihara jiwa, memelihara akal, memelihara harta dan memelihara keturunan. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan pihak Wisata Desa Kalidawir Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo dapat meningkatkan kualitas sarana dan prasarana untuk dapat menarik lebih banyak wisatawan dan juga lebih memperhatikan mengenai perencanaan acara yang akan dilakukan agar dapat terlaksana dengan baik dan pengembangan wisata ini dapat membawa manfaat untuk lingkungan dan masyarakat sekitar secara berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Dewi Setyadewisr06@gmail.comG94218163
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi Islam
Pariwisata
Keywords: Strategi Pengembangan; Wisata Desa; Dampak Ekonomi Lokal; Maslahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dewi Setya Rahmawati
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:02
Last Modified: 26 Aug 2024 06:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54975

Actions (login required)

View Item View Item