Uji akurasi Kiblat Sundul Pas dalam penentuan arah kiblat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fai’zah, Zuliana (2022) Uji akurasi Kiblat Sundul Pas dalam penentuan arah kiblat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulianan Fai'zah_C97217039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer yang digunakan adalah data mengenai kiblat sundul pas dari Kementrian Agama Tuban, dan komparasi kiblat sundul pas dengan teodolit melalui praktik lapangan, dengan kepala kantor Kementrian Agama Drs, Sahid MM. Data sekunder yang digunakan adalah buku-buku, karya ilmiah, atau website yang dapat dibuktikan kebenarannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah wawancara, dokumentasi, observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, untuk menggambarkan hasil analisis yang dimulai dari pengumpulan data yang berkaitan dengan sifat dan keadaan dari kiblat sundul pas. Kemudian dilanjutkan dengan metode komparatif, antara kiblat sundul pas sebagai alat penentuan arah kiblat dan penemuan baru dari Kemenag Tuban dengan teodolit yang merupakan alat yang dapat digunakan untuk menentukan arah kiblat dan memiliki ketelitian yang baik.Hasil dari penelitian ini memberikan dua kesimpulan. Pertama, Kiblat sundul pas sebagai alat bantu penentu arah kiblat dapat menggunakan beberapa metode penentuan arah kiblat, dikarenakan alat ini hanya berfungsi sebagai penanda arah kiblat saja. Cara menggunakan kiblat sundul pas dalam penentuan arah kiblat adalah dengan menentukan terlebih dahulu arah kiblatnya baru diakhiri dengan menyesuaikan garis arah kiblat yang sudah ditentukan menggunakan bagian bawah dari alat kiblat sundul pas. Kemudian, menyesuaikan tinggi rendahnya alat dengan langit-langit ruangan, dan menempelan sticker arah kiblat menyesuaikan bagia atas alat kiblat sundul pas. Kedua, Kesimpulan dari komparasi pengukuran arah kiblat kiblat sundul pas dan teodolit yang dilakukan, kedua alat modern tersebut mempunyai akurasi yang akurat sehingga layak digunakan untuk menentukan arah kiblat. Saran yang diberikan penulis diantaranya adalah: Akan lebih baik jika kiblat sundul pas didesain dengan bentuk yang lebih mudah dibawa. Sebab, dengan desain yang sekarang untuk praktek penggunaan kiblat sundul pas membutuhkan ruang yang lebar dan luas dengan kisaran panjang tiang kiblat sundul pas kurang lebih 2 meter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fai’zah, Zulianazuliananf@gmail.comC97217039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhazin, A. Muftiamuftikhazinfaza@gmail.com2013037301
Subjects: Hisab dan Rukyah
Keywords: Kiblat, kiblat sundul pas; uji akurasi pengurkuran arah kiblat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Zulianan Fai’zah
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:06
Last Modified: 25 Oct 2022 01:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55060

Actions (login required)

View Item View Item