Pola keberagamaan moderasi Gus Baha di media online: perspektif fenomenologi Edmund Husserl

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Siti (2022) Pola keberagamaan moderasi Gus Baha di media online: perspektif fenomenologi Edmund Husserl. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Aisyah_E91218098.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkapkan keberagamaan moderasi Gus Baha melalui pengamatan di media online tepatnya youtube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menghimpun dakwah Gus Baha yang mengandung nilai moderat kemudian menganalisisnya menggunakan reduksi fenomenologi Edmund Husserl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola keberagamaan Gus Baha yang moderat setelah mengalami reduksi fenomenologis, reduksi eidetik dan reduksi transendental adalah berlandaskan pada upaya meminimalisir konflik dengan mengutamakan kemaslahatan bersama guna menghindari polemik. Jika pendakwah tidak moderat cenderung menanggapi fenomena keagamaan tertentu seperti tahlilan dan celana cingkrang secara berlebihan, maka Gus Baha tidak demikian. Beliau berusaha mencari solusi lain yang relevan dengan memberi referensi nash yang lebih lengkap serta mengadopsi dawuh ulama lain yang kontekstual. Jabatan beliau yang menempati posisi cukup strategis di organisasi arus utama dengan label moderat yaitu NU ikut andil dalam keberagamaannya yang moderat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, SitiE91218098@uinsby.ac.idE91218098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muchammad Helmihelmi.umam@uinsby.ac.id2004057901
Subjects: Agama
Filsafat
Media Sosial
Keywords: Gus Baha; moderasi; fenomenologi; Edmund Husserl; media online
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Siti Aisyah
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:06
Last Modified: 05 Oct 2022 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55101

Actions (login required)

View Item View Item