Strategi kepala madrasah dalam pengelolaan program Adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shurur, Miftahush (2022) Strategi kepala madrasah dalam pengelolaan program Adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahush Shurur_D93217107 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk merupakan madrasah yang menerapkan program Adiwiyata sejak tahun 2017. Dan mendapat penghargaan sebagai madrasah Adiwiyata Nasional. Dalam penerapannya kepala madrasah sebagai pemimpin pasti memiliki strategi tersendiri dalam mengelola program Adiwiyata di MAN 1 Nganjuk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang strategi kepala madrasah dalam pengelolaan program adiwiyata. Penelitian Strategi Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Program Adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk ini menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif. Penelitian ini menggunakan data melalui wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: (1). Program Adiwiyata merupakan program yang diterapkan MAN 1 nganjuk mulai tahun 2014 dengan penghargaan tingkat kabupaten, dan dua bulan selanjutnya sampai pada penghargaan tingkat provinsi dan pada tahun 2016 sampai sekarang MAN 1 Nganjuk mendapat gelar program Adiwiyata nasional. program Adiwiyata di MAN 1 Nganjuk ini bertujuan untuk membentuk perilaku peduli lingkungan dan mewujudkan madrasah sebagai tempat belajar mengajar yang bersih, indah, aman, nyaman dan menyenangkan. (2). Bentuk Strategi yang dilakukan kepala madrasah yaitu perencanaan pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. (3). Strategi kepala madrasah dalam pengelolaan program Adiwiyata ini memiliki dampak positif bagi para siswa khususnya yakni menumbuhkan rasa memiliki dan peduli terhadap lingkungan sekitar, dan memberikan rasa tanggung jawab kepada para guru yang selalu mengawasi dan memberikan arahan kepada para siswa siswi untuk menjaga kebersihan lingkungan sebagai manifestasi madrasah Adiwiyata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shurur, MiftahushMiftahushshurur@gmail.comD93217107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorRifa’i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Manajemen Strategi
Keywords: Strategi; kepala madrasah; strategi kepala madrasah; program Adiwiyata
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Shurur Miftahush shurur
Date Deposited: 20 Sep 2022 06:48
Last Modified: 20 Sep 2022 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55163

Actions (login required)

View Item View Item