فعالية استخدام برنامج التعليم الإلكتروني لوزارة الشؤون الدينية بإندونيسيا E-Learning Kemenagلترقية مهارة القراءة لطلاب الصف الثاني عشر بقسم علوم الطبيعية بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 1طوبان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rifa’i, Ahmad (2022) فعالية استخدام برنامج التعليم الإلكتروني لوزارة الشؤون الدينية بإندونيسيا E-Learning Kemenagلترقية مهارة القراءة لطلاب الصف الثاني عشر بقسم علوم الطبيعية بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 1طوبان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Rifa’i_D92217040 111.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa arab di MAN 1 Tuban dalam masa pandemi covid-19 menggunakan cara tradisional dan juga menerapkan media elektronik. Guru menyampaikan materi secara langsung ketika pembelajaran terbatas dengan sistem ganjil genap, disamping itu diselingi dengan penggunaan aplikasi e-learning madrasah (Kemenag) untuk memberikan materi tambahan, mengingat kemampuan membaca yang masih kurang. Maka dari itu, peneliti ingin meneliti dan mengetahui keefektivan media berbasis elektronik e-learning madrasah (Kemenag) untuk meningkatkan keterampilan membaca. Peneliti membahas tentang efektivitas penggunaan aplikasi e-learning madrasah (Kemenag) untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa MAN 1 Tuban dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas XII IPA 5 MAN 1 Tuban. 2) Bagaimana penerapan aplikasi e-learning madrasah (Kemenag) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab pada keterampilan membaca siswa kelas XII IPA 5 MAN 1 Tuban. 3) Bagaimana efektivitas aplikasi e-learning madrasah (Kemenag) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab pada keterampilan membaca siswa kelas XII IPA 5 MAN 1 Tuban. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposis sampling. Peneliti mengambil sampel kelas XII IPA 5, dengan jumlah siswa 30 orang. Dan instrumen penelitian yang digunakan adalah: 1) Wawancara, 2)Dokumentasi, dan 3)Tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektivitas penggunaan aplikasi e-learning madrasah (Kemenag) dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab pada keterampilan membaca siswa kelas XII IPA 5 MAN 1 Tuban. pernyataan ini berdasarkan hasil dari analisis dengan menggunakn rumus T-test dengan hasil: T-hitung (8,8) lebih besar daripada T-tabel (2,04). Maka Ho diT hitunglak Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rifa’i, Ahmadrifaielkatsir2@gmail.comD92217040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alialimudlofir@yahoo.com2016116301
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Hafalan
Keywords: Keterampilan membaca; E-Learning madrasah (Kemenag)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ahmad Rifa’i
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:14
Last Modified: 06 Dec 2022 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55200

Actions (login required)

View Item View Item