Pengembangan Media AR dan BOT API dalam Telegram pada materi bangun ruang sisi datar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukmana M, Dimas Akbar (2022) Pengembangan Media AR dan BOT API dalam Telegram pada materi bangun ruang sisi datar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dimas Akbar Sukmana M_D74215086.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa dalam bahasan geometri pada sub materi bangun ruang memiliki rata-rata yang cukup rendah, serta kondisi pandemi yang menerapkan pembelajaran secara daring membuat siswa semakin kesulitan dalam memahami serta mendeskripsikan konsep awal bangun ruang. Sehingga dalam mengatasi masalah tersebut, peneliti mengembangkan media AR dan Bot API dalam Telegram sebagai penunjang pembelajaran yang membantu dalam memberikan penjelasan dan memvisualisasikan bangun ruang dalam bentuk model 3D. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan dan kepraktisan media tersebut. Proses pengembangan media menggunakan metode Research and Development yang dibatasi 5 tahapan awal, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain serta revisi desain. Teknik pengumpulan data menggunakan field note dan validasi ahli dengan instrumen yang digunakan ialah lembar catatan lapangan dan lembar validasi ahli. Teknik analisis data dilakukan pada analisis catatan lapangan, analisis kevalidan serta analisis kepraktisan. Hasil analisis data menunjukkan proses pengembangan pada tahap potensi dan masalah dilakukan observasi masalah matematika, pada tahap pengumpulan data dilakukan analisis kebutuhan materi bangun ruang sisi datar, publikasi AR serta pembuatan Bot API, pada tahap desain produk dilakukan realisasi media AR dan Bot API, pada tahap validasi desain dilakukan validasi media dan pada tahap revisi desain dilakukan perbaikan media berdasarkan masukan dari validator. Media AR dan Bot API dinyatakan valid oleh ketiga validator, dengan nilai rata-rata kevalidan 4.17 dan telah dinyatakan praktis dalam kategori kepraktisan dapat digunakan dengan sedikit atau tanpa revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukmana M, Dimas Akbardimas.akbar.sm@gmail.comD74215086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Internet
Media Sosial
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Bangun Ruang Sisi Datar; Augmented Reality; Bot API.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dimas Akbar Sukmana M
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:17
Last Modified: 06 Dec 2022 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55221

Actions (login required)

View Item View Item