Peran orang tua dalam pembelajaran tatap muka terbatas selama pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri Curahmojo Desa Curahmojo Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Fatimatuz (2022) Peran orang tua dalam pembelajaran tatap muka terbatas selama pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri Curahmojo Desa Curahmojo Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimatuz Zahra_05010520006 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 January 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Fatimatuz Zahra_05010520006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini mengkaji tentang peran orang tua dalam pembelajaran tatap muka terbatas selama pandemi, dengan dilatarbelakangi beberapa kali perubahan sistem pembelajaran, diawali dengan pembelajaran daring hingga pembelajaran tatap muka secara terbatas, sehingga orang tua dalam menjalankan perannya memerlukan beberapa penyesuaian dalam segala aktivitasnya dengan anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan peran orang tua dalam pembelajaran tatap muka terbatas dan menjelaskan dampak yang dialami oleh orang tua beserta upaya yang diambil oleh orang tua untuk mendukung pembelajaran tatap muka terbatas. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi, serta teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah teori Struktural Fungsional Talcott Parsons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Meskipun sistem pembelajaran telah berganti menjadi pembelajaran tatap muka terbatas, namun peran orang tua tidak mengalami pergeseran, peran-peran tersebut masih dijalankan dan disesuaikan dengan aktivitas saat ini. (2) Dengan perubahan sistem pembelajaran yang terjadi maka tidak lepas dari munculnya dampak dari perubahan tersebut, dampak yang dimaksud meliputi perubahan aktivitas orang tua semenjak pembelajaran tatap muka terbatas. (3) Adapun upaya untuk mendukung pembelajaran yaitu dengan membiasakan agar anak dapat disiplin baik dalam belajar, menjaga pola makan, hingga disiplin dalam segala aktivitas nya sehingga memiliki waktu yang cukup untuk istirahat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Fatimatuzzahrafatimatuz665@gmail.comI73218035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Peran orang tua; pembelajaran tatap muka terbatas
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Fatimatuz Zahra
Date Deposited: 31 Jan 2024 15:32
Last Modified: 31 Jan 2024 15:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55285

Actions (login required)

View Item View Item