Manajemen rekrutmen peserta didik baru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Narrative Qur’an Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irmawati, Irmawati (2022) Manajemen rekrutmen peserta didik baru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Narrative Qur’an Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irmawati_D93217100 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Irmawati_D93217100 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses manajeman rekrutmen peserta didik baru, upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan manajemen rekrutmen peserta didik baru dalam meningkatkan kualitas pembalajaran serta faktor pendukung dan penghambat manajmen rekrutmen peserta didik baru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Narrative Qur’an Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengubah model analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 proses yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang kredibel peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) manajemen rekrutmen peserta didik baru menerapkan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap rekrutmen peserta didik baru berjalan dengan baik, (2) peningkatan kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh faktor Input pendidikan yaitu Raw Input, Instrumental Input,dan Environmental Input,(3) manajemen rekrutmen peserta didik baru yang suatu uasaha yang bisa menunjang kualitas pembelajaran. Manajemen rekrutmen peserta didik baru dalam meningakatkan kualitas pembelajaran bisa terlihat dari adanya peningakatan kompetensi dan prestasi siswa serta lulusanya, (4) faktor pendukung manajemen rekrutmen peserta didik baru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah fasilitas yang memadai, panitia yang berkompeten serta anggaran yang cukup. Sedangkan hambatan yang dihadapi adalah keterbatasan sumber daya manusia dan banyaknya calon peserta didik yang tidak lolos seleksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irmawati, Irmawatiirmawa311@gmail.comD93217100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Administrasi
Keywords: Rekrutmen peserta didik baru; kualitas pembelajaran; madrasah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irmawati . .
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:14
Last Modified: 20 Dec 2023 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55321

Actions (login required)

View Item View Item