Efektivitas penggunaan media berbasis audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII-F di SMPN 1 Tarik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irmawati, Dani (2016) Efektivitas penggunaan media berbasis audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII-F di SMPN 1 Tarik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (787kB) | Preview

Abstract

Dengan perkembangan pada saat ini, seorang pendidik harus bisa mempergunakan alat teknologi sebagai media pembelajaran yang efektif, sehingga dengan berkembangnya teknologi pendidikan tersebut menjadikan proses pendidikan dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Khususnya pada usia anak-anak, pendidikan dengan media modern,sebut saja media elektronik seperti televisi, vcd, ldc, viewer,tentunya akan lebih menarik perhatian dari pada hanya di dapat dari guru saja.
Sebagai upaya pengembangan dalam proses belajar mengajar yang lebih efektif dan variatif, maka dalam proses pembelajaran perlu adanya model pembelajaran. Adapun yang diterapkan di SMPN 1 Tarik, sejauh ini proses pembelajaran PAI baru dilaksanakan sebatas menggunakan media tempel dan metode ceramah. Maka perlu diadakan media baru yaitu audio visual agar peserta didik lebih memahami pelajaran dalam suasana yang lebih menyenangkan.
Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang perlu dijawab, meliputi Bagaimana penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Tarik, Bagaimana efektivitas media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Tarik. Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif, sehingga hasil yang diperoleh berupa angka dari hasil perhitungan. Untuk menganalisis data tentang penggunaan media berbasis audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan rumus prosentase, sedangkan analisis terhadap efektivitas penggunaan media berbasis audio visual dalam meningkatkan hasil belajar menggunakan rumus product moment.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penggunaan media berbasis audio visual sudah cukup baik dalam penerapannya, dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII-F di SMPN 1 Tarik. Hal ini terbukti dengan frekuensi jawaban A terbanyak padamedia berbasis audio visual adalah 236 dan hasil belajar peserta didik adalah 240, ini menunjukkan kalau keduanya dalam kategori cukup baik. Dapat diperoleh bahwa efektivitas penggunaan media berbasis audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah cukup, karena terdapat nilai dari hasil product moment adalah 0,460.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irmawati, Danidani.cute77@gmail.comD71212128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubhan, Fautifauti_subhan@gmail.com2010105402
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: danie irmawati
Date Deposited: 12 Apr 2016 01:32
Last Modified: 24 Feb 2020 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5538

Actions (login required)

View Item View Item