This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Irmawati, Dani (2016) Efektivitas penggunaan media berbasis audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII-F di SMPN 1 Tarik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (866kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (787kB) | Preview |
Abstract
Dengan perkembangan pada saat ini, seorang pendidik harus bisa mempergunakan alat teknologi sebagai media pembelajaran yang efektif, sehingga dengan berkembangnya teknologi pendidikan tersebut menjadikan proses pendidikan dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Khususnya pada usia anak-anak, pendidikan dengan media modern,sebut saja media elektronik seperti televisi, vcd, ldc, viewer,tentunya akan lebih menarik perhatian dari pada hanya di dapat dari guru saja.
Sebagai upaya pengembangan dalam proses belajar mengajar yang lebih efektif dan variatif, maka dalam proses pembelajaran perlu adanya model pembelajaran. Adapun yang diterapkan di SMPN 1 Tarik, sejauh ini proses pembelajaran PAI baru dilaksanakan sebatas menggunakan media tempel dan metode ceramah. Maka perlu diadakan media baru yaitu audio visual agar peserta didik lebih memahami pelajaran dalam suasana yang lebih menyenangkan.
Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang perlu dijawab, meliputi Bagaimana penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Tarik, Bagaimana efektivitas media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Tarik. Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif, sehingga hasil yang diperoleh berupa angka dari hasil perhitungan. Untuk menganalisis data tentang penggunaan media berbasis audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan rumus prosentase, sedangkan analisis terhadap efektivitas penggunaan media berbasis audio visual dalam meningkatkan hasil belajar menggunakan rumus product moment.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penggunaan media berbasis audio visual sudah cukup baik dalam penerapannya, dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII-F di SMPN 1 Tarik. Hal ini terbukti dengan frekuensi jawaban A terbanyak padamedia berbasis audio visual adalah 236 dan hasil belajar peserta didik adalah 240, ini menunjukkan kalau keduanya dalam kategori cukup baik. Dapat diperoleh bahwa efektivitas penggunaan media berbasis audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah cukup, karena terdapat nilai dari hasil product moment adalah 0,460.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | danie irmawati | ||||||||
Date Deposited: | 12 Apr 2016 01:32 | ||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2020 07:38 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5538 |
Actions (login required)
View Item |