Pengaruh religiusitas dan dukungan sosial terhadap subjective well-being santri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adzania, Athaya Farah (2022) Pengaruh religiusitas dan dukungan sosial terhadap subjective well-being santri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Athaya Farah Adzania_J71217054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Subjecticve well-being adalah evaluasi kognitif dan afektif individu terhadap kehidupannya yang diukur dari kepuasan hidup, emosi positif, dan emosi negatif. Kondisi subjective well-being yang tinggi dibutuhkan para santri untuk mengurangi emosi negatif dan meningkatkan kualitas hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan dukungan sosial terhadap subjective well-being santri. Subjek penelitian ini merupakan santri di Kab. Bojonegoro, yang melibatkan 250 santri. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Ada empat instrument yang digunakan yaitu skala Satisfaction with Life Scale (SWLS), Scale of Positive and Negative Experience (SPANE), Centrality Religiosity Scale (CRS), dan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas dan dukungan sosial masing-masing menujukkan pengaruh yang signifikan terhadap terbentuknya subjective well-being. Demikian pula, dengan religiusitas dan dukungan sosial yang secara bersama-sama berpengaruh terhadap subjective well-being.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adzania, Athaya Farahathayadzaniafarah0@gmail.comJ71217054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnanylufiana.harnany@uinsby.ac.id197602272009122001
Subjects: Pesantren
Santri
Keywords: subjective well-being; religiusitas; dukungan sosial
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Athaya Adzania
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:41
Last Modified: 28 Jul 2023 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55487

Actions (login required)

View Item View Item