Strategi komunikasi lembaga amil zakat infaq dan sedekah Muhammadiyah Gresik dalam membangun partisipasi masyarakat dalam zakat infaq dan sedekah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aviah, Nur (2021) Strategi komunikasi lembaga amil zakat infaq dan sedekah Muhammadiyah Gresik dalam membangun partisipasi masyarakat dalam zakat infaq dan sedekah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aviah_B75217131.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan mendeskripsikan strategi komunikasi Lazismu Gresik dalam membangun partisipasi masyarakat dalam zakat, infaq, dan sedekah. Untuk mendeskripsikan persoalan tersebut, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Selain itu penelitian ini menganalisis datanya menggunakan teori model public relations milik Grunnig dan Hunt. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi Lazismu Gresik dapat diperoleh melalui tiga hal penting, yaitu (1) Strategi komunikasi internal efektif mendukung kinerja staff dan amil Lazismu Gresik. Meliputi, komunikasi dua arah dan keterbukaan komunikasi mendorong keterlibatan aktif anggotanya, perencanaan kebijakan dilakukan melalui rapat internal masing-masing divisi, pemberian pelatihan serta rewarding. (2) Pendekatan dalam membangun kesadaran masyarakat dilakukan dengan pengedukasian serta penguatan afirmasi positif. Dalam prakteknya dilakukan melalui sosialisasi, sesi konsultasi, media cetak berupa majalah dan brosur, serta media sosial Facebook dan Instagram. (3) Pendekatan dalam membangun kepercayaan masyarakat dilakukan dengan menciptakan branding yang profesional, akuntabel, dan terpercaya melalui tampilan amil serta publikasi program penyaluran, kerjasama dengan sejumlah perusahaan dan komunitas, kemudahan fasilitas pelayanan, yaitu secara offline di kantor Lazismu Gesik, secara online dengan transfer melalui rekening bank atau dengan scan barcode QRIS, juga layanan jemput donasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aviah, Nurnuraviah318@gmail.comB75217131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoesam.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Ilmu Komunikasi
Muhammadiyah
Amil Zakat
Keywords: Strategi Komunikasi; Partisipasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Aviah
Date Deposited: 12 Apr 2023 14:11
Last Modified: 12 Apr 2023 14:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55527

Actions (login required)

View Item View Item