Analisis SWOT terhadap implementasi strategi pendistribusian Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) melalui pemberdayaan program beasiswa mahasiswa produktif: studi BAZNAS Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qotrunnada, Lailiyah (2022) Analisis SWOT terhadap implementasi strategi pendistribusian Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) melalui pemberdayaan program beasiswa mahasiswa produktif: studi BAZNAS Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailiyah Qotrunnada_G05218015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis dua rumusan masalah, pertama tentang implementasi strategi pendistribusian dana ZIS, dan kedua tentang strategi pendistribusian dalam pemberdayaan program Beasiswa Mahasiswa Produktif (BMP) menggunakan pisau bedah analisis SWOT. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dari pendistribusian dalam pemberdayaan dana Zakat, Infaq, Sedekah dan dana sosial dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pendistribusian dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) merupakan komponen pokok pengelolaan yang harus dikelola secara produktif dan tepat sasaran, khususnya pada bidang beasiswa tingkat perguruan tinggi yang menentukan kemajuan negara hingga pada kesejahteraan masyarakat oleh ekonomi. Skripsi ini fokus pada penyaluran dana melalui program pemberdayaan mahasiswa yaitu dengan bantuan finansial dan pembinaan. Pada hasil penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi strategi yang diterapkan BAZNAS beberapa variabel dari teori David Hunger & Whellen yaitu aktor pelakssana strategi, pelaksana strategi sudah terpenuhi dengan baik dan perlu adanya peningkatan pada variabel pengelolaan Sumber daya. Melalui analisis matriks SWOT, penelitian ini menemukan bahwa BAZNAS Kabupaten Gresik telah menggunanakan implementasi strategi SO (Strenght-Oppurtunities), dimana kekuatan yang dimiliki lembaga dapat memiliki keunggulan bersaing (core adfentage) dengan memanfaatkan peluang yang ada jika dibandingkan dengan lembaga-lembaga yang memiliki program sejenis. Sehingga manfaat penelitian ini yaitu sebagai acuan pengembangan implementasi strategi pada pencapaian keberhasilan program pemberdayaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qotrunnada, Lailiyahlailiyahqotrunnada@gmail.comG05218015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsegaf, M. Maulanamaulanaasegaf23@gmail.com198709042019031005
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Manajemen Strategi
Zakat
Keywords: Pendistribusian; Pemberdayaan; Dana ZIS; SWOT; BAZNAS Gresik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Lailiyah Qotrunnada
Date Deposited: 12 Apr 2023 11:51
Last Modified: 12 Apr 2023 11:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55649

Actions (login required)

View Item View Item