Optimalisasi produksi garam sebagai penguatan nilai bisnis komoditas lokal di Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuruddin, Nuruddin (2022) Optimalisasi produksi garam sebagai penguatan nilai bisnis komoditas lokal di Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuruddin_G01217018 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Produksi garam dalam negeri belum mampu memenuhi kebutuhan garam lokal, sehingga untuk memenuhi kebutuhan garam tersebut Pemerintah Indonesia masih bergantung pada garam impor. Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi usaha garam di Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang serta pengembangan usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan petani garam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta didukung dengan pendekatan partisipatif menggunakan Participatory Rural Appraisal (PRA). Teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi.@Data kuesioner dan data wawancara diperoleh dari para petani garam, tengkulak, dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pemerintah memiliki kewenangan strategis yang berkaitan dengan fungsinya$selaku pelayanan publik$guna meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Pembinaan dan penyuluhan memiliki peran yang sangat penting untuk mempersiapkan para petani garam dalam pengembangan dirinya sendiri agar dapat melakukan hal-hal yang lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, penggunaan metode TUF Geomembran sangat membantu mempercepat produksi garam para petani. Pembuatan garam dengan metode ini lebih efektif dibandingkan menggunakan cara tradisional dengan hasil garam yang diperoleh cukup besar, putih, dan mengkilat. Jumlah garam yang dihasilkan oleh petani menjadi faktor utama untuk meningkatkan perekonomiannya. Dengan adanya penelitian ini diharapkan petani garam mampu untuk memaksimalkan produksi garamnya serta dapat memberikan kontribusi pada masyarakat di Kecamatan Pangarengan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuruddin, Nuruddinrudiuinsby@gmail.comG01217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKafabih, Abdullahkaafabih@gmail.com199108072019031006
Subjects: Ekonomi
Bisnis
Keywords: Strategi pengembangan; usaha garam; peningkatan perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nuruddin Nuruddin
Date Deposited: 20 Sep 2022 07:27
Last Modified: 20 Sep 2022 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55743

Actions (login required)

View Item View Item