تطوير كراسة التدريبات لتعليم اللغة العربية على نظرية محمد علي الخولي في الفصل السابع بمدرسة "معارف" المتوسطة الإسلامية فوجوك لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliffah, Fivi Nur (2022) تطوير كراسة التدريبات لتعليم اللغة العربية على نظرية محمد علي الخولي في الفصل السابع بمدرسة "معارف" المتوسطة الإسلامية فوجوك لامونجان. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fivi Nur Aliffah_F02619199 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi dalam lembar kerja siswa bahasa Arab harus memenuhi empat keterampilan yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Sedangkan lembar kerja siswa yang digunakan di MTs Ma’arif pucuk ini belum memenuhi empat keterampilan tersebut, dan model soal yang digunakan pada setiap tahunnya sama. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui proses pengembangan lembar kerja siswa pada pelajaran bahasa Arab berdasarkan teori Muhammad Ali al-Khulii, 2) untuk mengetahui hasil analisis dari validitas, reabilitas, daya beda dan tingkat kesulitan pada pengembangan lembar kerja siswa pada pelajaran bahasa Arab berdasarkan teori Muhammad Ali al-Khulii, 3) untuk mengetahui efektifitas penerapan lembar kerja siswa pada pelajaran bahasa Arab berdasarkan teori Muhammad Ali al-Khulii . Metodologi pada penelitian ini adalah menggunakan R&D Addie yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan lembar kerja siswa mengikuti kurikulum KMA 183 dengan enam materi yang digunakan dan tujuh belas model soal yang mengikuti model soal bahasa Arab Muhammad Ali al-Khulii berdasarkan level HOTS (higher order thinking skills). Kemudian untuk kualitas butir soal, terdapat 144 soal valid, 96 tidak valid, dan 25 tidak ada nilainya. Untuk reabilitas soal masuk dalam kategori sangat baik yakni diatas 0,6. Daya beda 41 soal sangat baik, 105 baik, 38 sedang,21 jelek. Tingkat kesulitan 106 soal mudah, 116 sedang, dan 13 sulit. Dan untuk hasil dari paired T-Test adalah 0,000 maka nilai 0,000 < 0,05. Dan ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan pada hasil tes yang pertama dan tes yang kedua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliffah, Fivi Nuralifahfivi17@gmail.comF02619199
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorMuflihah, Muflihahserol_seril@yahoo.com2012067602
Subjects: Bahasa Arab
Buku > Buku Pelajaran
Keywords: Lembar kerja siswa; Pelajaran Bahasa Arab; teori Muhammad Ali al-Khulii
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fivi Nur Aliffah
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:47
Last Modified: 26 Jul 2023 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55820

Actions (login required)

View Item View Item