Fenomena hangout dikalangan remaja dalam perspektif hadis: kajian ma’anil al-hadith riwayat Bukhari nomor indeks 6229 dengan pendekatan psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprilia, Alifia Rissa (2022) Fenomena hangout dikalangan remaja dalam perspektif hadis: kajian ma’anil al-hadith riwayat Bukhari nomor indeks 6229 dengan pendekatan psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifia Rissa Aprilia_E75218035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Remaja adalah masa peralihan dari fase anak-anak menuju fase dewasa yang identik fase storm dan stress, yang mana remaja dituntut untuk lebih dewasa dalam menyikapi suatu problem. Kesenjangan generasi dan ketidakefektifan komunikasi antara orang tua dan anak dapat memicu rasa tidak nyaman anak untuk lebih terbuka kepada orang tua, khususnya perihal percintaan remaja, sehingga banyak remaja memilih untuk bercerita permasalahannya kepada teman sebaya, hal ini juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan remaja menggemari aktivitas hangout. Dengan tingkat konformitas yang tinggi pada fase remaja, maka makna hangout bagi remaja memiliki arti berbeda-beda menyesuaikan lingkungan dan teman sebayanya sehingga dapat bernilai sebagai suatu kegiatan yang positif maupun negatif. sekilas, fenomena hangout dikalangan remaja saat ini bersinggungan dengan hadis riwayat Imam Bukhari nomor indeks 6229, akan tetapi gaya hidup hangout pada zaman sekarang sudah menjadi hal yang lumrah untuk para remaja. Hadis riwayat Imam Bukhari nomor indeks 6229 menjelaskan tentang fenomena nongkrong di pinggir jalan yang pada zaman dahulu aktivitas ini menjadi kegemaran para sahabat nabi, namun nabi menegur perbuatan tersebut. Hadis ini akan semakin menarik jika dikaji dari sudut pandang ilmu psikologi. Namun dalam hal ini penelitian menggunakan metode kualitatif dengan mengkaji kesahihan hadis serta menggunakan teori ma’anil al-hadis. kemudian terkait dengan kontekstualisasinya dengan ilmu psikologi menggunakan penelitian kualitatif yang bersumber dari research library yang sesuai dengan topik yang dikaji. Menurut hasil tinjauan peneliti, hadis riwayat Imam Bukhari nomor indeks 6229 memenuhi syarat-syarat hadis sahih serta hadis ini dapat dijadikan sebagai hujjah. mengenai hangout remaja kini telah dikemas lebih modern. Kegiatan nongkrong di pinggir jalan kini telah disediakan tempat seperti angkringan, mall maupun cafe pinggir jalan. Tujuan hangout tergantung dari kepribadian masing-masing remaja, namun pada umumnya bertujuan untuk mengurangi rasa stres, menghabiskan waktu luang, bersilaturahmi serta mengerjakan tugas. Agar remaja tidak terpengaruh oleh arus negatif saat berhangout, maka pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap ketenangan jiwa dan psikis remaja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprilia, Alifia Rissaalifiarissa.a@gmail.comE75218035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, KhodijahUchy.khadijah7@gmail.com2010116601
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Psikologi > Psikologi Anak
Remaja, Gaya hidup
Keywords: Hangout; Sahih Imam Bukhari; Ilmu Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Alifia Rissa Aprilia
Date Deposited: 26 Jul 2023 15:00
Last Modified: 26 Jul 2023 15:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55969

Actions (login required)

View Item View Item